Sinyal MagSafe di iPhone 12 Bisa Ganggu Alat Pacu Jantung
IPhone 12 dan MagSafe (Photo by Martin Sanchez on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple telah menerapkan teknologi pengisian daya nirkabel MagSafe pada iPhone 12. Meskipun penerapannya diklaim memudahkan pengisian ulang nirkabel, penelitian medis menunjukkan jika teknologi ini juga berpotensi cukup bahaya.

Awal bulan ini, sebuah studi medis yang diterbitkan pada Heart Rhtyhm Journal menunjukkan bahwa aksesoris MagSafe pada iPhone 12 berpotensi mengganggu kinerja perangkat medis. Contohnya seperti defibrilator dan alat pacu jantung.

Kini, beberapa pekan setelah studi tersebut dikeluarkan, Apple diketahui memperbarui dokumen Petunjuk Pengguna iPhone dengan lebih banyak bahasan terkait isu ini.

Bagi Anda yang belum tahu, penerapan teknologi MagSafe membuat perangkat iPhone baru dibekali magnet yang terletak di sekitar kumparan pengisian daya nirkabel. Penerapan teknologi ini pun memungkinkan iPhone 12 untuk melakukan pengisian daya lewat MagSafe, aksesoris pengisian nirkable Apple yang baru.

Seperti dicatat 9to5Mac, perusahaan tidak pernah membantah klaim bahwa iPhone 12 series berpotensi mengganggu perangkat medis. Hanya saja, pada dokumen Petunjuk Pengguna iPhone versi lawas, perusahaan menjelaskan:

“Meskipun semua model iPhone 12 berisi lebih banyak magnet dibandingkan model iPhone sebelumnya, magnet tidak akan menyebabkan risiko gangguan magnetis yang lebih besar ke perangkat medis dibandingkan model iPhone sebelumnya.”

Setelah penelitian diterbitkan, MacRumor mendapati jika Apple sudah memperbarui dokumen pendukung tersebut. Perusahaan menambahkan informasi untuk menjaga iPhone 12 dan aksesoris MagSage agar tidak mengganggu alat pacu jantung dan defibrilator.

 “Perangkat medis seperti alat pacu jantung implan dan defibrilator kemungkinan memiliki sensor yang mampu merespon magnet dan radio saat lokasinya berdekatan. Untuk menghindari kemungkinan adanya interaksi dengan perangkat tersebut, pastikan agar iPhone dan MagSafe Anda berada dalam jarak aman (lebih dari 6 inci / 15 cm atau lebih dari 12 inci /30 cm jika sedang mengisi daya dengan mode nirkabel,” tulis perusahaan pada dokumen pendukung perangkat via MacRumor.

Lebih rinci, dokumen tersebut juga menyatakan bahwa kondisi ini berlaku untuk perangkat isi ulang MagSafe dan MagSafe Duo. Perusahaan juga mengkonfirmasi jika semua perangkat MagSafe memilki magnet, tapi MagSafe dan MagSafe Duo juga mampu menghasilkan gelombang radio.

“Gelombang magnet dan elektromagnetik ini kemungkinan bisa mempengaruhi perangkat medis,” terang Apple.

Sayangnya, konfirmasi ini bukanlah solusi akhir yang bisa diberikan perusahaan. Pasalnya, Apple juga menegaskan bahwa siapapun pengguna yang menggunakan iPhone 12, aksesoris MagSafe, dan perangkat medis, harus konsultasi dengan dokter dan serta produsen perangkat medis tersebut.

“Terdapat banyak jenis perangkat medis, dan produsen sering kali menyediakan rekomendasi penggunaan aman perangkatnya di sekitar produk nirkabel atau magnetis untuk mencegah kemungkinan gangguan. Jika Anda merasa iPhone mengganggu perangkat medis Anda, berhentilah menggunakan iPhone,” tulis Apple.