TikTok Mau Gunakan LiDAR di iPhone 12 untuk Efek AR
Ilustrasi (Image Credit: Solen Feyissa / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok ingin memaksimalkan teknologi LiDAR di iPhone 12 Pro dan Pro Max. Salah satunya dengan menghadirkan efek augmented reality (AR) yang terlihat lebih realistis.  

Dilansir dari 9to5Mac, Jumat 8 Januari, efek AR ini akan memaksimalkan pemindai LiDAR di iPhone 12 Pro maupun Pro Max. Nantinya teknologi LiDAR akan memindai ruangan atau objek tertentu dan memungkinkan perangkat iPhone untuk memetakannya peta 3D secara akurat.

"Untuk merayakan tahun 2021, kami merilis efek AR pertama kami pada iPhone 12 Pro baru yang menggunakan teknologi LiDAR yang memungkinkan kami membuat efek yang lebih inovatif pada tahun 2021!,” cuit TikTok melalui akun Twitter-nya.

Hal tersebut memungkinkan, karena pengembang TikTok dapat mengakses API untuk mengintegrasikan sensor LiDAR dengan aplikasi pihak ketiga. Sehingga membuat TikTok dapat membuat efek AR yang lebih nyata. 

Terlihat dalam video demo yang diunggah TikTok, serpihan confetti dapat bertebaran dengan sangat nyata. Visual yang ditampilkan jadi lebih realistis bahkan dari sudut pengambilan gambar berbeda.

Menurut TikTok, filter baru ini masih akan diuji coba di beberapa negara terlebih dulu, sebelum diluncurkan secara global. Rencananya TikTok juga akan menampilkan lebih banyak efek AR yang menggunakan fitur LiDAR di tahun 2021.

Sayangnya, TikTok bukanlah aplikasi pertama yang mengadopsi teknologi LiDAR. Nyatanya, Snapchatlah yang pertama kali memberikan dukung pemindai LiDAR pada lensa AR untuk pengguna iPhone 12 Pro.