Berkat Gunakan Apple Watch, Polisi Sukses Lacak Keberadaan Korban Penculikan
Apple Watch (Photo by Luke Chesser on Unsplash)

Bagikan:

Saat ini, sebagian besar gawai saat ini sudah dibekali teknologi GPS. Mulai dari smartphone, hingga beragam produk wearable. Bukan berarti perusahaan produsen ingin mengetahui keberadaan pengguna atau data pribadi lainnya. Hanya saja, teknologi komunikasi ini dibutuhkan oleh banyak aplikasi.

Baik aplikasi navigasi, pesan, hingga aplikasi kesehatan serta kebugaran. Penggunaan teknologi GPS juga bisa memberikan manfaat bagi kehidupan seseorang. Contohnya adalah kasus di mana seorang wanita korban penculikan berhasil diselamatkan polisi yang melacak sinyal GPS dari Apple Watch sang korban.

Melansir News4 San Antonio, Kepolisian Selma, terletak di sebelah Timur Laut dari San Antonio, mendapat laporan telah terjadi tindak penculikan terhadap ibu dari seorang wanita. Awalnya, kepolisian setempat mendapat laporan dari anak korban yang mendengar keributan antara korban dengan Adalberto Longoria.

Setelah si anak mendengar teriakan korban dari area parkir, dirinya pun bergegas lari menyusul. Naas, korban sudah menghilang. Sekitar 15 menit kemudian, korban menghubungi sang anak melalui smartwatch, menjelaskan bahwa Longoria menculiknya dan berniat menyakiti.

Ketika korban tengah berbincang dengan sang anak, smarwatch yang dipakai tiba-tiba saja terputus dari jaringan.

Kepolisian pun bergegas melakukan pencarian. Selanjutnya, petugas pun mengaktifkan ping seluler darurat untuk melacak korban. Beruntungnya, Apple Watch yang dipakai korban mampu menunjukan lokasi korban secara akurat.

Sehingga, ketika polisi tiba di lokasi, mereka menemukan korban berada di dalam mobil yang diparkirkan di area parkir, bersamaan dengan Longoria yang tengah berupaya melarikan diri.

“Korban menjelaskan kepada polisi bahwa dirinya dan Longoria tengah adu argumen, lalu Longoria menolak untuk melepaskan kendaraannya. Dia (Longoria) menyuruh korban untuk mengeluarkan barang-barangnya dari bak kendaraan. Dan saat korban melakukan hal tersebut, Longoria diduga masuk ke kursi kemudi dan pergi bersama korban yang masih berada di bak truk,:” ujar petugas kepolisian via News4 San Antonio.

Bisa dibilang, kasus ini merupakan salah satu kisah menarik dari beragam cerita mengenai Apple Watch yang pernah ada. Memang, fitur kesehatan dari perangkat dianggap mampu menyelamatkan nyawa pengguna. Akan tetapi, perangkat wearable yang selalu aktif ternyata memiliki manfaat lain juga.

Misalnya, fitur SOS Darurat yang terdapat pada Apple Watch mendapat pujian dari pihak karena sering membantu melacak keberadaan orang hilang.