Aplikasi-Aplikasi Ini akan Berguna saat Keadaan Darurat
Ilustrasi applikasi (Photo by Rami Al-zayat on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bencana dapat terjadi kapan saja, baik itu bencana alam ataupun bentuk tindak kejahatan yang dialami seseorang. Untuk memaksimalkan tingkat keamanan, saat ini banyak pengembang teknologi yang membuat aplikasi untuk meningkatkan kewaspadaan pengguna. 

Dilansir VOI dari laman Oxygen, Ada sejumlah aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk memastikan keamanan seseorang.

Circle of 6

Aplikasi ini memenangkan White House and HHS “Apps Against Abuse” Technology Challenge tahun 2011. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menambahkan hingga enam orang penting untuk bergabung dalam lingkaran.

Pengguna dapat mengirim peringatan dalam bentuk SMS yang sebelumnya sudah diprogram ke dalam lingkaran tersebut. Aplikasi ini juga menyertakan peta GPS untuk menunjukkan lokasi pengguna saat pesan dikirimkan.

Untuk kesalamatan dan informasi Circle of 6 juga menghubungkan pengguna ke hotline 24 jam. Namun, aplikasi gratis ini hanya tersedia bagi pengguna iOS.

bSafe

Aplikasi yang ditawarkan oleh Mobile Software AS ini dibuat dalam upaya menekan angka pemerkosaan dan pelecehan seksual. Lewat aplikasi ini, pengguna dapat meminta seseorang untuk "mengikuti" dan memperhatikan pengguna saat dalam perjalanan melalui peta.

Pengguna dapat mengirim sinyal alarm ketika bahaya mendekat dan penerima sinyal tersebut akan mengetahui di mana lokasi pengguna. Ketika tombol SOS telah diaktifkan dengan alarm, pengguna tidak perlu menekan tombol tersebut. 

Bahkan ketika ponsel berada di dalam saku atau tas, karena penerima sinyal dapat melihat dan mendengar segala sesuatu yang terjadi melalui live streaming.

Audio dan video direkam secara otomatis dan langsung dikirim ke kedua perangkat yang saling terhubung tersebut.

Aplikasi bSafe juga memiliki fitur tambahan seperti panggilan palsu yang dapat membantu pengguna keluar dari situasi yang mengancam. Bagi yang ingin mengunduh aplikasi ini, bisa membuka Google Play Store ataupun App Store.

Red Panic Button

Saat berada dalam bahaya, pengguna dapat menekan Red Panic Button. Pengguna cukup mengatur nomor telepon atau alamat email yang akan menerima pesan berisi lokasi akurat pengguna berdasarkan dengan GPS.

Karena dilengkapi fitur nomor darurat, pengguna juga dapat mengatur nomor darurat yang dipanggil saat menekan Red Panic Button. Nomor juga dapat diatur dari pengaturan aplikasi. Selain itu, pengguna akan mendapatkan fitur rekam suara yang dapat mengirim rekaman ke daftar email yang diatur.

Aplikasi yang ditawarkan Ultimate Communication Software LTD ini dapat diunduh di Google Play Store dan App Store, namun untuk beberapa fitur seperti integrasi ke Apple Watch atau menambahkan jumlah kontak tak terbatas, pengguna harus membayar.