Begini Cara Agar iPhone Anda Berguna dalam Keadaan Darurat
Apple meluncurkan salah satu fitur kemampuan untuk berkomunikasi dengan memanfaatkan jaringan satelit (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam keadaan darurat, kita dapat memanfaatkan alat yang biasa digunakan sehari-hari seperti ponsel pintar, baik untuk menghubungi keluarga maupun meminta bantuan medis.

Jika Anda pengguna iPhone, Anda tidak perlu takut kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi ketika Anda berada di daerah yang besar kemungkinan tidak memiliki sinyal.

Belum lama ini, Apple meluncurkan salah satu fitur kemampuan untuk berkomunikasi dengan memanfaatkan jaringan satelit dan alat itu cukup dapat membantu Anda saat dalam keadaan darurat.

Namun, tak hanya itu yang bisa Anda manfaatkan. Anda juga dapat mengubah atau mempersiapkan iPhone Anda untuk hal-hal darurat. Berikut caranya di bawah ini.

Siapkan SOS Darurat

Jika Anda pengguna iPhone dan berlokasi di Indonesia, Anda dapat menghubungi 112 atau 110 untuk polisi, dan 118 atau 119 untuk layanan ambulan.

Jika Anda tidak dapat membuka kunci perangkat melalui kode sandi atau Face ID untuk melakukan semua itu, Anda dapat mengetuk Darurat di layar kode sandi dan meminta bantuan dengan cara tersebut.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah menekan lama tombol samping bersama dengan salah satu tombol volume untuk melakukan panggilan darurat tanpa menggunakan papan tombol iPhone Anda.

Setelah penggeser Panggilan Darurat muncul di layar, Anda dapat menggeseknya untuk menjangkau Layanan Darurat atau terus menekan tombol samping dan tombol volume hingga hitungan mundur dipicu. Setelah habis, lepaskan tombol sehingga panggilan darurat akan dilakukan.

Kombinasi tombol-tekan ini ditetapkan sebagai default untuk panggilan layanan darurat di iPhone 8 dan model yang lebih baru.

Uji Kemampuan Panggilan Satelit Darurat iPhone

Jika Anda tinggal di wilayah yang memiliki fitur ini atau Anda pengguna iPhone 14 dan iPhone 14 Pro di iOS 16.1 atau yang lebih baru, Anda dapat menghubungi layanan darurat melalui satelit.

Opsi ini bermanfaat saat Anda berada di tempat yang tidak memiliki konektivitas seluler dan internet dan membutuhkan bantuan darurat. Begini caranya:

1. Luncurkan aplikasi Pengaturan.

2. Buka Darurat SOS.

3. Gulir ke bawah ke bawah. 

3. Di bawah Darurat SOS melalui Satelit, ketuk Coba Demo.

4. Anda kemudian akan dibawa ke serangkaian halaman yang akan memandu Anda melalui proses memulai panggilan darurat satelit.

5. Anda perlu menjawab pertanyaan yang relevan dengan jenis keadaan darurat yang Anda hadapi sehingga jenis bantuan yang sesuai dikirim ke lokasi Anda dengan cukup cepat.

Perhatikan fitur ini hanyalah uji coba dari apa yang dapat Anda harapkan dari opsi panggilan satelit setelah Anda berada di tujuan yang direncanakan. Menjalankan demo tidak akan benar-benar melakukan panggilan ke layanan darurat.

Tambahkan Detail ID Medis Anda

Dalam keadaan darurat yang membutuhkan bantuan medis, mereka yang memberi bantuan seperti rumah sakit, pertama perlu mengetahui banyak informasi tentang Anda untuk dapat merawat Anda.

iPhone dilengkapi dengan fitur ID Medis yang merangkum semua data yang mungkin diperlukan oleh orang yang merawat Anda selama kecelakaan, termasuk golongan darah, alergi, obat-obatan, dan sejenisnya. Berikut cara mengisi ID Medis Anda di iPhone:

1. Luncurkan aplikasi Kesehatan bawaan.

2. Ketuk foto profil Anda.

3. Pilih ID Medis.

4. Tekan Mulai atau Edit, lalu berikan detail Anda.

Anda juga dapat menambahkan orang sebagai Kontak Darurat. Mereka tidak harus menjadi pengguna iPhone, tetapi nomor telepon mereka harus disimpan di buku alamat Anda.

5. Saat fitur SOS Darurat iPhone digunakan, siapa pun yang disimpan sebagai kontak darurat akan mendapat pemberitahuan Anda telah meminta bantuan dan juga menerima lokasi Anda saat ini.

6. Setelah ID Medis Anda selesai, Anda harus mengaturnya sehingga layanan darurat dan responden pertama benar-benar dapat mengakses data Anda di iPhone Anda.

Siapkan Pintasan untuk Berbagi Lokasi dengan Kontak

Pengguna dapat memprogram pintasan untuk sejumlah tugas iPhone sehingga Anda dapat menyelesaikannya lebih cepat. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mengotomatiskan pintasan yang akan mengirimkan perkiraan lokasi Anda kepada siapa pun yang Anda inginkan melalui pesan teks. Begini caranya:

1. Luncurkan aplikasi Pintasan.

2. Ketuk ikon + di pojok kanan atas.

3. Tekan Tambahkan Tindakan.

4. Cari "Dapatkan Lokasi Saat Ini" dan ketuk tindakan.

5. Di bawah "Saran Tindakan Selanjutnya", pilih Kirim Pesan.

6. Ketuk bidang Penerima dan pilih orang yang ingin Anda tetapkan sebagai kontak darurat utama Anda. Tekan Selesai.

7. Untuk menambahkan pintasan ke layar beranda Anda, ketuk ikon tiga titik pada pintasan yang baru diprogram di dalam aplikasi Pintasan.

8. Tekan panah tarik-turun di sebelah judul pintasan. Pilih Tambahkan ke Layar Utama. Demikian dikutip dari Slashgear, Senin, 29 Mei.