Cara Menggunakan Emergency SOS via Satelit di Semua Model iPhone 14
Cara menggunakan Emergency SOS via satelit (foto: Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Pada peluncuran iPhone 14 pada tahun 2022 kemarin, Apple juga memperkenalkan banyak fitur baru, salah satunya adalah fitur Emergency SOS via satelit

Fitur tersebut pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat (AS) dan Kanada. Beberapa bulan kemudian, Apple meluncurkannya ke pengguna yang ada di Inggris, Prancis, Jerman dan Irlandia. Sekarang, raksasa teknologi itu kembali memperluas fiturnya ke Australia dan Selandia Baru. 

Dengan fitur ini, pengguna iPhone 14 dapat mengirimkan pesan darurat seperti SMS dan telepon ke satelit yang tersedia tanpa memerlukan koneksi jaringan maupun Wi-Fi. 

Menurut Apple, saat Anda menggunakan koneksi satelit, pengalamannya berbeda dengan mengirim atau menerima pesan melalui seluler. Dalam kondisi ideal dengan pandangan langsung ke langit dan cakrawala, pesan mungkin membutuhkan waktu 15 detik untuk dikirim, dan lebih dari satu menit untuk dikirim di bawah pohon dengan dedaunan tipis atau sedang. 

Tapi, jika Anda berada di bawah dedaunan lebat atau dikelilingi penghalang lain, Anda mungkin tidak dapat terhubung ke satelit. Waktu koneksi juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan Anda, panjang pesan Anda, dan status serta ketersediaan jaringan satelit.

SOS darurat melalui satelit ini dapat digunakan secara gratis selama dua tahun setelah aktivasi iPhone 14 atau iPhone 14 Pro. Jika Anda belum menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut: 

Cara menggunakan SOS Darurat via satelit di iPhone

  1. Tekan dan tahan tombol daya dan salah satu tombol volume hingga penggeser Darurat SOS muncul
  2. Seret penggeser Darurat SOS untuk memanggil layanan darurat lokal di wilayah Anda
  3. Panggilan biasa akan gagal, dan Anda akan melihat pesan "No Connection" di bagian atas. Sekarang sentuh tombol berlabel Emergency Text via Satellite atau, Anda dapat mengirim SMS ke 911 atau SOS di aplikasi Pesan, lalu pilih Emergency Services
  4. Sekarang sentuh opsi Report Emergency
  5. Jawab beberapa pertanyaan untuk menggambarkan situasi Anda seakurat mungkin
  6. Ikuti tip di layar untuk menyambungkan iPhone Anda ke satelit
  7. Setelah Anda tersambung, terus ikuti petunjuk ini untuk menjaga sambungan agar pesan dapat diteruskan.

Cara mencoba Darurat SOS melalui demo satelit

Untuk bersiap menghadapi keadaan darurat, ada baiknya mencoba demo fitur untuk memahami cara kerja SOS Darurat melalui satelit di kehidupan nyata. 

Tapi, sebelum mencoba SOS Darurat melalui demo satelit di perangkat Anda, pergilah ke luar di medan yang relatif terbuka dengan pemandangan langit yang cerah.

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan Darurat SOS melalui demo satelit:

  1. Buka aplikasi Settings
  2. Pilih Emergency SOS  dari daftar root
  3. Tekan Try Demo di bawah Emergency SOS via satellite
  4. Ikuti petunjuk di layar untuk mensimulasikan koneksi ke satelit.