Apple Meluncurkan Layanan <i>Emergency SOS</i> Satelit ke Australia dan Selandia Baru
Apple meluncurkan Emergency SOS satelit ke Australia dan Selandia Baru (foto: Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Pada bulan September lalu, Apple mengumumkan peluncuran Emergency SOS melalui satelit sebagai salah satu fitur yang hadir di dalam smartphone terbarunya, iPhone 14.

Saat diumumkan, Apple mengatakan bahwa fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan SMS atau telepon ke layanan darurat yang tersedia tanpa harus terhubung dengan Wi-Fi atau jaringan seluler lainnya. 

"Dengan model iPhone 14 dan iPhone 14 Pro, Anda dapat menggunakan Darurat SOS melalui satelit untuk mengirim SMS ke layanan darurat saat Anda berada di luar jangkauan seluler dan Wi-Fi. Anda juga dapat menggunakan app Lacak untuk membagikan lokasi Anda dengan orang lain melalui satelit," kata Apple saat itu. 

Saat itu, fitur ini pertama kali diluncurkan di AS, Inggris, dan sebagian Eropa. Tapi sekarang, Apple telah meluncurkannya juga ke semua model iPhone 14 di Australia dan Selandia Baru. 

Fitur Emergency SOS satelit ini bekerja dengan menghubungkan langsung ke satelit yang terletak lebih dari 1.000 km dari Bumi.

Pengguna iPhone 14 dapat terhubung ke satelit dengan menelepon 000 di Australia, atau 111 di Selandia Baru, dan memilih tombol Emergency SOS, atau dengan menahan tombol samping bersamaan dengan tombol volume.

Setelah itu, fitur ini akan mengirimkan detail keadaan darurat Anda yang mencakup lokasi, tingkat baterai iPhone, dan ID Medis Anda, jika diaktifkan, ke spesialis darurat terlatih Apple yang dapat berkomunikasi lebih lanjut melalui teks dengan orang tersebut tentang situasi dan keberadaan mereka.