Ini Fitur Rahasia di iPhone yang Bisa Hubungi Layanan Darurat dengan Cepat
Pengguna iPhone akhir-akhir ini menemukan fitur yang kurang dikenal yang secara instan menghubungkan mereka ke layanan darurat. (foto; dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Ketakutan dikejar di jalan gelap atau melalui tempat parkir kosong dapat menghambat Anda untuk memikirkan cara meminta pertolongan. Namun, pengguna iPhone akhir-akhir ini menemukan fitur yang kurang dikenal yang secara instan menghubungkan mereka ke layanan darurat.

Pengguna hanya perlu menekan tombol samping atas lima kali dengan cepat untuk mengakses Panggilan Darurat SOS. Fitur ini akan memanggil 911 dan membagikan informasi lokasi Anda kepada layanan darurat dan kontak.

Fitur ini awalnya diperkenalkan untuk Apple Watch dan ditambahkan ke iPhone dengan rilis iOS 11, tetapi pengguna TikTok membagikan opsi ini lagi, menemukan bahwa ini bisa menjadi perantara antara hidup dan mati.

Pengguna CJ Bathgate membagikan video yang menjelaskan bagaimana 'trik iPhone' membuatnya merasa aman ketika diikuti.

Pengguna TikTok lainnya, sellingportland503, membagikan fitur tersebut selama podcast baru-baru ini sambil mencatat bahwa diculik adalah ketakutannya yang terbesar.

"Ketika Anda mengklik tombol daya iPhone, itu masuk ke sistem tanggapan darurat," kata pengguna tersebut, dikutip MailOnline. "Jika Anda tidak menekan batalkan, itu secara otomatis menelepon layanan darurat."

Setelah Anda mengakhiri panggilan dengan layanan darurat, iPhone Anda akan mengirim pesan teks kepada kontak darurat Anda yang memberitahu mereka bahwa Anda telah menghubungi 911. Selanjutnya iPhone Anda akan mengirimkan lokasi Anda saat ini, dan setelah Anda masuk ke mode SOS, kontak darurat Anda akan menerima pembaruan ketika lokasi Anda berubah.

Apple mengumumkan Emergency SOS melalui satelit pada tahun 2022, memungkinkan pengguna iPhone 14 untuk mengirim pesan teks dalam keadaan darurat di luar jangkauan seluler dan Wi-Fi.

Pesan-pesan ini dikirim dalam waktu sekitar 15 detik jika pengguna memiliki pandangan langsung ke langit dan horizon, tetapi panggilan pertolongan bisa memakan waktu lebih lama jika ada rintangan, seperti hutan atau gunung di daerah tersebut.

Layanan ini dimungkinkan melalui 24 satelit Globalstar, di mana pengguna mengarahkan iPhone mereka ke langit untuk terhubung dengan salah satu perangkat yang kemudian menyampaikan pesan mereka ke pusat pengiriman terdekat.

Pengguna membuka Pengaturan, mengetuk Emergency SOS, dan kemudian mengikuti petunjuk di layar.

Ketika Anda menggunakan Emergency SOS melalui satelit, Anda dapat membagikan ID Medis Anda dan memberi tahu kontak darurat Anda.