Misteri Lingkaran Hitam di iPhone Pro Terpecahkan: Ternyata Pemindai LiDAR
Dalam model iPhone Pro terbaru terdapat LIDAR. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Pengguna model iPhone Pro terbaru akhirnya mulai memahami fungsi dari lingkaran hitam misterius yang terletak di sebelah kamera pada model iPhone terbaru tersebut.

Sebuah kiriman Reddit baru-baru ini dengan 1.400 upvote menampilkan seorang pengguna yang mengelilingi lingkaran misterius itu dan hanya bertanya, "Untuk apa ini?"

Lingkaran ini hanya ditemukan pada model iPhone Pro terbaru dan beberapa model iPad Pro tertentu - dan sebenarnya sangat berguna, memungkinkan beberapa aplikasi dan fitur terbaik perangkat ini. Titik yang terletak di dalam array kamera sebenarnya adalah pemindai LiDAR (Light Detection and Ranging).

Secara sederhana, ini adalah sensor kedalaman yang menggunakan laser untuk menentukan sejauh mana objek berada. Ini bekerja dengan cara menargetkan objek dengan laser berdenyut dan mengukur berapa lama cahaya kembali, memungkinkan iPhone atau iPad untuk 'membangun' model 3D dunia di depannya.

Teknologi LiDAR telah digunakan untuk mengungkapkan kota-kota yang hilang di Amazon dengan 'mendigitalkan' kanopi hutan dan menemukan reruntuhan di bawahnya, dan juga digunakan dalam mobil otonom untuk 'mengindera' jarak ke kendaraan lain.

Namun, dalam iPhone, teknologi ini digunakan untuk memungkinkan fotografi canggih dan aplikasi realitas tertambah yang 'mengindera' sejauh mana objek berada - dan aplikasi yang dapat secara otomatis mengukur tinggi seseorang, misalnya.

"Pemindai LiDAR mengukur jarak ke objek di sekitarnya hingga 5 meter, bekerja baik di dalam maupun di luar ruangan, dan beroperasi pada tingkat foton dengan kecepatan nano-detik," kata Apple.

Ini memungkinkan aplikasi seperti aplikasi Measure buatan Apple untuk mengukur panjang, lebar, dan area dengan akurasi yang sangat tinggi - dan bahkan mengukur tinggi orang menggunakan sensor LiDAR.

"Pemindai LiDAR meningkatkan aplikasi Measure, membuatnya lebih cepat dan lebih mudah untuk secara otomatis menghitung tinggi seseorang, sementara panduan vertikal dan tepi yang membantu secara otomatis muncul untuk memungkinkan pengguna mengukur objek lebih cepat dan lebih akurat," tambah Apple, dikutip DailyMail.

"Tampilan Ruler View juga telah ditambahkan ke aplikasi Measure untuk pengukuran yang lebih rinci dan memungkinkan pengguna untuk menyimpan daftar semua pengukuran, lengkap dengan tangkapan layar untuk penggunaan di masa mendatang," tambah Apple. 

Teknologi ini juga membantu kamera dalam model Pro mengambil foto yang lebih baik, terutama dalam kondisi cahaya rendah, dan memungkinkan autofokus berfungsi lebih cepat.

Ada juga banyak aplikasi yang memanfaatkan teknologi ini: Polycam adalah pemindai 3D yang dengan cepat membangun model virtual dari objek dan ruang 3D menggunakan sensor LiDAR, dan dapat digunakan untuk menangkap objek 3D untuk kesenangan atau perencanaan ruangan.

Teknologi ini juga memungkinkan aplikasi realitas tertambah di mana objek virtual berinteraksi dengan dunia 'nyata'.

Apple mengatakan bahwa LiDAR memungkinkan aplikasi untuk, "Menghadirkan konten virtual berinteraksi dengan lingkungan fisik secara realistis, misalnya, dengan memantulkan bola virtual dari tembok dunia nyata dan mengikuti hukum fisika."

IKEA Place, sebagai contoh, menggunakan realitas tertambah untuk menempatkan perabotan IKEA seperti sofa, lampu, dan rak buku dalam rumah Anda untuk melihat seberapa baik mereka akan cocok.

Terkait