Pandemi COVID-19 Tak Jadi Halangan Apple Rilis iPad Pro 2020
IPad Pro 2020 (Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Di saat wabah COVID-19 merebak secara global, tak menghentikan Apple untuk meluncurkan produk teknologinya. Tanpa event besar-besaran Apple mengumumkan lini terbaru iPad Pro 2020, lengkap dengan Keyboard dan trackpad baru. 

Melansir dari The Verge, iPad Pro 2020 ini menggunakan chip Bionic A12Z yang menawarkan kinerja tertinggi yang pernah ada di iPad. Secara fisik, perubahan yang paling terlihat ada pada desain kamera belakangnya yang sudah mengikuti konfigurasi dari iPhone 11.

Di mana Apple dua kamera di bagian belakang, masing-masing beresolusi 12 MP untuk lensa utama dan 10 MP untuk lensa ultrawide. Kamera belakang ini mampu mengambil gambar dengan hasil 4K.

Tampilan iPad Pro 2020 (dok. GSM Arena)

Selain itu, Apple juga menyematkan teknologi LiDAR yang berguna untuk aplikasi teknologi augmented reality (AR). LiDAR sendiri adalah sensor yang biasanya digunakan ilmuwan untuk radar penembus tanah, penginderaan jarak jauh, hingga mobil otonom.

"Pemindai LiDAR yang inovatif dan tidak pernah ada pada perangkat seluler mana pun. LiDAR Scanner mengukur jarak ke objek sekitar hingga 5 meter, bekerja di dalam dan di luar ruangan, dan beroperasi pada tingkat foton dengan kecepatan nano-detik," kata pihak Apple dalam keterangan resminya.

Sensor LiDAR di iPad Pro 2020 sendiri, bekerja dengan dua kamera dan sensor gerak untuk mengukur kedalaman yang diperuntukan semua jenis aplikasi AR secara akurat.

Beralih ke bagian dapur pacunya, iPad Pro 2020 dibenamkan juga CPU 8-core dan GPU 8-core, bersama dengan Neural Engine Apple. Sehingga pengguna juga akan mendapatkan ketahanan baterai hingga 10 jam dan jaringan LTE yang 60 persen lebih cepat.

Untuk melengkapi dan mendukung aktivitas iPad Pro 2020, raksasa Cupertino, Amerika Serikat (AS) ini membekalinya dengan Magic Keyboard. Keyboard eksternal yang dilengkapi trackpad, backlight, port USB Type C untuk mengisi baterai keyboard dan juga engsel yang memungkinkan pengguna memposisikan tablet dalam keadaan berdiri hingga sudut 130 derajat.

Jika tertarik, Apple akan mulai menjual model iPad Pro baru untuk dipesan hari ini di Apple.com. Sedangkan untuk paket penjualan Magic Keyboard akan tersedia pada bulan Mei mendatang.

iPad Pro 2020 sendiri akan dibanderol dengan harga mulai dari 799 dolar AS atau Rp12,5 juta untuk varian 11 inci/128GB. Sementara untuk varian tertingginya dengan ukuran 12,9 inci dan kapasitas 1 TB dijual seharga 1.499 dolar AS atau sekitar Rp23,4 juta.

Untuk Magic Keyboard Apple menjualnya dalam dua varian 11 inci dan 12 inci, dengan harga sekitar 299 dolar AS sampai 349 dolar atau Rp5,5 juta.