Meluncur Pekan Depan iPadOS 16 dan macOS Ventura  Bawa Banyak Fitur Baru
Produk iPadOS 16 meluncur dengan berbagai fitur baru. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple berencana meluncurkan iPadOS 16 dan macOS Ventura pada 24 Oktober mendatang. Jika tidak ada halangan, sistem operasi anyar itu akan membawa banyak fitur yang paling dibutuhkan pengguna.

Fitur yang dibawa meliputi pengeditan dan penghapusan iMessage, kemampuan pencarian yang lebih baik di Mail, dukungan passkey di Safari dan aplikasi Weather baru dengan layar besar serta aplikasi Home yang didesain ulang.

Kemudian, ada juga dukungan gamepad yang ditingkatkan. Baik iPadOS 16 dan macOS Ventura juga akan mendapatkan fitur Stage Manager. Fitur ini menawarkan kerja multitasking di mana ia dapat secara otomatis mengatur aplikasi dan jendela.

Awalnya, Stage Manager hanya disematkan pada perangkat yang menjalankan chip M1, yakni iPad Air atau Pro dan dukungan tampilan eksternal yang sebenarnya, sesuatu yang tidak pernah dimiliki iPad sejak peluncurannya pada 2010.

Namun, pada akhir September, Apple memperluas kompatibilitas Stage Manager ke model iPad Pro 2018 dan 2020 dengan prosesor A12X dan A12Z tetapi menunda dukungan multi-monitor ke pembaruan selanjutnya. Beberapa pengembang dan peneliti telah mengindikasikan Stage Manager dalam versi beta terbaru masih bermasalah dan rawan crash.

Melansir TechCrunch, Rabu, 19 Oktober, MacOS Ventura juga dilengkapi dengan fitur yang disebut Continuity Camera, pengguna bisa menggunakan iPhone sebagai webcam saat mereka mengunduh Ventura di macOS dan iOS 16 di perangkat yang kompatibel.

Berbarengan dengan pengumuman, Apple juga akan meluncurkan iPad Pro M2 baru pada 26 Oktober. Perangkat ini mendapatkan pembaruan spesifikasi yang berkisar pada peningkatan dari chip M1 ke M2.

Chip baru ini mencakup delapan inti CPU, dengan peningkatan kinerja sekitar 15 persen. GPU-nya sendiri 10 core, dengan peningkatan kinerja sebesar 35 persen.