Apple Rilis <I>Software Update</I> untuk Perangkat yang Berusia 10 Tahun, iPhone 5s!
Apple merilis pembaruan keamanan atau software update untuk iPhone yang berumur hampir 10 tahun (FOTO: DOK. APPLE)

Bagikan:

JAKARTA - Apple secara mengejutkan merilis pembaruan keamanan atau software update untuk iPhone yang berumur hampir 10 tahun, juga beberapa Mac yang dirilis pada 2013.

Pembaruan perangkat lunak Apple yang baru dibuat itu khusus untuk iPhone, iPad, dan Mac lama yang tidak dapat menginstal iOS 16.3, iPadOS 16.3, macOS Ventura yang diperbarui, dan bahkan Apple TV.

Perusahaan memastikan orang yang menggunakan perangkat lama mereka akan tetap aman saat melakukannya. Pembaruan tampaknya tidak menargetkan hal yang sama, menurut catatan pada pembaruan iOS 12 hanya mencakup bug di WebKit yang mungkin membahayakan pengguna dari konten web yang dibuat dengan jahat.

Apple mengatakan telah mengetahui laporan masalah itu mungkin telah dieksploitasi secara aktif terhadap versi iOS yang dirilis sebelum iOS 15.1.

Kemudian pembaruan iOS 15, memecahkan masalah di Kernel, Mail Exchange dan menawarkan pembaruan untuk fitur-fitur seperti Maps dan Screen Time, tetapi tidak menyebutkan WebKit.

Sementara, pembaruan ke iOS 16 menawarkan lebih banyak perubahan, termasuk perbaikan WebKit yang terdengar sangat mirip dengan iOS 12.

Alih-alih mengabaikan masalah tersebut, Apple justru merilis pembaruan untuk memperbaikinya. Patut dipuji, meskipun, kemungkinan besar, jumlah orang yang terkena dampaknya bisa sangat rendah, seperti dikutip dari Tom's Hardware, Kamis, 26 Januari.

Semua pembaruan ini telah tersedia untuk diunduh, bagi mereka yang mengaktifkan pembaruan otomatis tidak perlu melakukan apa pun dan mungkin sudah menginstal perangkat lunak yang diperbarui ini tanpa disadari.

Namun, jika mereka tidak mengaktifkannya secafa otomatis, mereka dapat menginstal pembaruan secara manual dengan membuka Settings, klik General, lalu pilih Sofware Update.

Pembaruan sekarang tersedia untuk perangkat yang lebih lama meliputi:

1. iOS 12.5.7: (iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Air, iPad mini 2, iPad mini 3, dan iPod touch generasi ke-6)

2. iOS 15.7.3 dan iPadOS 15.7.3: (iPhone 6s semua model, iPhone 7 semua model, iPhone SE generasi ke-1, iPad Air 2, iPad mini generasi ke-4, dan iPod touch generasi ke-7)

3. iOS 16.3 dan iPadOS 16.3: (iPhone 8 dan lebih baru, iPad Pro semua model, iPad Air generasi ke-3 dan lebih baru, iPad generasi ke-5 dan lebih baru, dan iPad mini generasi ke-5 dan lebih baru)

4. macOS Monterey 12.6.3

5. macOS Big Sur 11.7.3

6. macOS Ventura 13.2

7. Safari 16.3: (macOS Big Sur dan macOS Monterey)

8. tvOS 16.3: (Apple TV 4K semua model dan Apple TV HD)

9. watchOS 9.3: (Apple Watch Series 4 dan lebih baru)