Cara Cek dan Update iPhone Agar Tetap Bisa Gunakan WhatsApp Setelah 1 November 2021
Cara Cek dan Update iPhone Agar Tetap Bisa Gunakan WhatsApp Setelah 1 November 2021 (TomsGuide)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi pesan instan WhatsApp telah mengumumkan sejumlah smartphone lawas tidak dapat lagi menggunakan layanan mereka mulai tanggal 1 November 2021, tak terkecuali ponsel iPhone.

Melalui laman resminya, WhatsApp mengumumkan iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS lawas, seperti iOS 9 dan perangkat yang lebih lama dari itu tidak dapat menggunakan aplikasi WhatsApp.

Hal itu disebabkan perangkat tersebut sudah tidak mendukung oleh Apple dan sudah tidak menggunakan sistem operasi iOS 9 dalam smartphone yang mereka rilis dalam beberapa tahun terakhir.

Oleh karenanya, untuk pengguna ponsel iPhone disarankan untuk mengecek sistem operasi yang mereka gunakan di perangkat mereka. Apabila Anda menggunakan sistem operasi model lawas pengguna iPhone dapat melakukan update.

Namun, update sistem operasi iOS di ponsel iPhone ke versi terbaru hanya dapat digunakan untuk model iPhone 7, dan generasi setelahnya. Sementara untuk iPhone generasi sebelum iPhone 7 tidak dapat lagi melakukan pembaruan ke versi terbaru.

Jika Anda belum mengetahui sistem operasi yang digunakan oleh ponsel iPhone Anda, tim VOI telah mempersiapkan cara untuk mengecek versi iOS iPhone, dan cara mengupdatenya ke versi terbaru.

Cara Mengecek iOS di iPhone

Untuk mengetahui versi iOS yang sedang dijalankan oleh perangkat iPhone Anda, pengguna dapat membuka menu "Setting", kemudian klik opsi pengaturan "General" atau umum.

Selanjutnya, pilih opsi "About" untuk mengetahui versi iOS yang digunakan iPhone Anda. Pada jendela selanjutnya akan muncul informasi versi software yang dijalankan iPhone.

Update iOS ke Versi Terbaru

Setelah mengetahui iOS yang digunakan oleh iPhone Anda, pengguna dapat mengetahui apakah ponsel tersebut menggunakan iOS versi lama, yang tidak dapat menggunakan aplikasi WhatsApp, atau sudah menggunakan iOS versi terbaru.

Namun, sebelum melakukan update, pastikan daya dan kapasitas memori di perangkat Anda cukup. Selain itu, pastikan koneksi internet Anda stabil supaya proses unduhan dan instalasi dapat berjalan lancar.

Adapun cara untuk mengupdate iPhone ke iOS versi terbaru dapat dilakukan dengan membuka menu "Setting" atau pengaturan. Kemudian klik menu "Software Update" atau pembaruan perangkat lunak.

Setelah memilih menu tersebut, akan muncul versi iOS terbaru yang tersedia dan dapat digunakan oleh perangkat Anda. Selanjutnya klik unduh dan instal, dan tunggu hingga proses unduhan dan instalasi selesai.

Demikianlah cara untuk mengecek versi iOS yang ada di perangkat iPhone Anda dan juga cara memperbaruinya. Anda dapat melakukan update ke versi terbaru supaya tetap bisa menggunakan aplikasi WhatsApp setelah tanggal 1 Novermber 2021.