WhatsApp Akhiri Dukungan untuk OS Android dan iPhone Lawas
Ilustrasi (unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp akan mengakhiri dukungan layanannya pada sejumlah gawai Android dan iOS dengan sistem operasi lawas. Artinya aplikasi pesan itu tidak bisa lagi dipakai, kecuali pengguna melakukan upgrade atau mengganti ke perangkat baru.

Melansir laman Enterpreneur, Kamis 17 Desember, smartphone dengan sistem operasi iOS 9 atau Android 4.0.3 tidak lagi bisa mengakses WhatsApp di tahun 2021. Lantaran sistem operasi yang digunakan sudah terlalu lawas atau out of date.

Setidaknya menurut laman resmi WhatsApp, merekomendasikan pengguna untuk menggunakan versi terbaru dari sistem operasi Android dan iOS. Sementara untuk feature phone masih akan berfungsi pada versi KaiOS 2.5.1. 

Untuk iPhone yang masih menggunakan iOS 9 ke bawah, seperti iPhone 4 dan model sebelumnya tak akan bisa lagi memakai WhatsApp. Sedangkan pengguna iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S harus memperbarui OS-nya.

Sementara untuk pengguna Android 4.0.3 atau versi Ice Cream Sandwich yang tak lagi mendapat dukungan WhatsApp. Namun, beberapa HP Android yang masih memakai OS versi tersebut antara lain HTC Desire, LG Optimus Black, Motorola Droid Razr, dan Samsung Galaxy S2.  

Meskipun saat ini tidak banyak smartphone yang masih menjalankan sistem operasi lawas. Tapi ada baiknya mengetahui sistem operasi apa yang sedang digunakan, agar tetap bisa menggunakan WhatsApp.

Untuk mengetahui sistem operasi apa yang digunakan, pengguna bisa membuka menu Settings > General > Information untuk iPhone. Atau opsi Setting dan pilih About Device bagi perangkat Android.