Jawaban WhatsApp Soal Rumor Persyaratan Baru di 2021
Ilustrasi WhatsApp ( Image Credit: Aarn Giri / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp dikabarkan akan memperbarui persyaratan layanan atau Term of Service, pada tahun depan. Disebut salah satu ketentuannya dapat membuat penggguna WhatsApp kehilangan akses dari layanan chatting tersebut. 

Informasi soal persyaratan baru WhatsApp ini diketahui dari laporan situs WABetaInfo beberapa waktu lalu. Dengan adanya perubahan aturan ini, seperti dikutip dari The Independent, WhatsApp akan meminta para pengguna untuk menyetujuinya aturan privasi baru atau terancam kehilangan akses terhadap aplikasi ini alias dimatikan. 

Adapun perubahan aturan ini disebut akan mulai diterapkan, pada bulan Februari 2021 mendatang. Pihak WhatsApp pun akhirnya angkat bicara dan memberi penjelasan, terkait pembaruan persyaratan tersebut.

"Beberapa hari ini, kami melihat adanya pemberitaan mengenai penghapusan akun WhatsApp pada awal 2021 apabila pengguna tidak menyetujui pembaharuan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan WhatsApp," tulis WhatsApp dalam postingan blognya, Jumat, 11 Desember.

"Terkait dengan hal ini kami ingin memberikan klarifikasi bahwa sama seperti pada aplikasi lain pada umumnya, pengguna memang diharuskan untuk menyetujui pembaharuan Syarat dan Ketentuan Layanan yang berlaku," tulis WhatsApp.

Menurut WhatsApp, pembaharuan ini juga sejalan dengan penggunaan WhatsApp Business dalam hal perpesanan yang dilakukan oleh pemilik bisnis. Adapun perubahan persyaratan layanan tersebut, yang pertama adalah mengenai bagaimana WhatsApp memproses data pengguna.

Selain itu juga ada klausul mengenai bagaimana bisnis bisa menggunakan layanan yang di-hosting oleh Facebook dan mengelola obrolan milik pengguna. Pengguna sendiri, diperbolehkan untuk membaca aturan dan persyaratan baru dalam Terms of Service tersebut sebelum disetujui. 

Namun demikian, tentunya mereka harus menyetujui persyaratan tersebut agar bisa menggunakan WhatsApp. Sejatinya hal ini bukan sesuatu yang mengherankan, lantaran setiap layanan online memang mengharuskan pengguna untuk menyetujui Terms of Service yang diberikan.

Kabarnya pembaruan persyaratan baru ini akan dirilis bersamaan dengan update software WhatsApp versi 2.20.206.19 untuk Android dan 2.20.130 bagi iOS.