Cek OS Android Supaya Tetap Dapat Menggunakan WhatsApp di Ponsel
Cek OS Android Supaya Tetap Dapat Menggunakan WhatsApp di Smartphone (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sejumlah ponsel dipastikan tidak dapat menggunakan aplikasi WhatsApp setelah tanggal 1 November 2021. Hal itu dikarenakan kebijakan WhatsApp yang menyebut ponsel dengan sistem Android versi lawas tidak dapat menggunakan layanan aplikasi mereka.

Dikutip dari pengumuman di situs web resmi WhatsApp, ponsel Android yang dipastikan tidak dapat menggunakan aplikasi WhatsApp adalah ponsel yang masih menggunakan sistem operasi Android lawas seperti OS Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich dan versi yang lebih lama lagi.

Oleh karenanya, untuk memastikan ponsel Anda tetap bisa menggunakan WhatsApp, pengguna harus mengecek sistem operasi yang digunakan oleh Android Anda. Jika menggunakan Android lawas pengguna dapat mengupgradenya ke versi terbaru, dengan catatan ponsel Anda mendukung untuk dipasang sistem operasi yang lebih baru.

Namun, jika ponsel Anda tidak mendukung pembaruan perangkat, pengguna dapat mengganti perangkat Anda ke model yang lebih baru supaya tetap bisa menggunakan aplikasi WhatsApp setelah tanggal 1 November 2021.

Sebelum melakukan hal tersebut, Anda sebaiknya memeriksa sistem operasi yang digunakan oleh ponsel Anda terlebih dahulu dengan cara yang telah disusun tim VOI sebagai berikut.

Cara Mengetahui Versi Android

Untuk mengetahui sistem operasi yang digunakan oleh OS atau Android Anda, pengguna dapat membuka menu pengaturan atau "Settings" di ponsel Anda.

Selanjutnya, Anda dapat menggulir layar ke bawah, hingga menemukan menu tentang ponsel atau "About Phone" yang tersedia di dalam menu pengaturan.

Klik menu tersebut, sehingga akan muncul beragam informasi mengenai ponsel Android Anda, mulai dari nama ponsel, model, nomor IMEI, kapasitas RAM, hingga jenis prosesor yang digunakan.

Untuk memastikan ponsel Anda tetap bisa menjalankan aplikasi WhatsApp setelah tanggal 1 November 2021 mendatang, Anda dapat memeriksa informasi "versi Android" atau "Android version" di halaman tersebut.

Anda dapat mengetahui siste operasi Android yang digunakan oleh ponsel Anda dengan mudah di menu tersebut.

Selanjutnya, jika ponsel Anda memiliki sistem operasi yang lebih baru dari OS 4.0.4 Ice Cream Sandwich, maka pengguna tidak perlu khawatir karena model ponsel Anda akan tetap bisa menggunakan aplikasi WhatsApp.

Namun, jika sistem operasi Android Anda masih menggunakan versi 4.0.4, pengguna dapat mencoba untuk mengupgrade ke versi yang lebih baru, dengan catatan ponsel Anda mendukung pembaruan perangkat.

Demikianlah cara mengetahui sistem operasi Android yang digunakan oleh ponsel berbasis OS atau Android. Jika ponsel Anda merupakan Android versi terbaru, maka tetap bisa menggunakan WhatsApp setelah tanggal 1 November 2021.