Bayar Patungan Lebih Mudah dengan Fitur <i>Split Bill</i> di GoPay, Begini Caranya
Fitur Split Bill di GoPay. (Tangkap layar aplikasi GoJek)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sistem pebayaran elektronik atau e-Wallet, sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama sejak pandemi. Oleh karenanya, sejumlah perusahaan terus melakukan pengembangan fitur dan layanan untuk mempermudah penggunanya, salah satunya adalah GoPay milik GoJek.

GoPay terus melakukan inovasi dan berusaha lebih dekat dengan masyarakat Indonesia. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah membuat fitur Split Bill yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan patungan saat ingin membeli barang tertentu.

Jika sebelumnya, pengguna harus mengumpulkan uang patungan mereka terlebih dahulu untuk membeli barang yang diinginkan secara bersama-sama, sekaarang Anda dapat langsung membayarnya di aplikasi GoJek, dan menggunakan fitur Split Bill di layanan GoPay.

Dengan fitur Split Bill, Anda dapat membayar barang atau jasa yang Anda gunakan secara bersama-sama dengan teman Anda melalui akun masing-masing. Caranya, Anda dapat meminta pembayaran secara patungan atau Split Bill di aplikasi GoJek dengan memintanya kepada teman Anda untuk melengkapi nominal pembayaran yang telah disepakati.

Jika masih bingung, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini mengenai cara melakukan Split Bill menggunakan GoPay.

Cara Melakukan Split Bill dengan GoPay

Untuk melakukan Split Bill, Anda harus memiliki nomor ponsel teman Anda yang akan diajak patungan. Jika Anda sudah memilikinya dan sudah tersimpan di kontak Anda dapat membuka aplikasi GoJek di smartphone Anda.

Selanjutnya, klik menu GoPay, kemudian klik ikon "Explore" dan pilih menu "Minta" atau "Request". Setelah itu, Anda dapat melihat kontak teman Anda di smartphone, dan ajak melakukan patungan atau "Split Bill".

Setelah itu, pilih kontak yang ingin diajak patungan, kemudian klik "Lanjut/Proceed".

Masukkan total patungan yang akan dibayarkan. Anda akan diberi 2 opsi saat melakukan Split Bill, yang pertama adalah bagi rata (equal), maka nominal patungan akan dibagi rata dengan jumlah kontak yang dimintai patungan.

Atau opsi kedua yang dapat Anda pilih adalah beda-beda (unequal). Jika memilih opsi kedua, pengguna dapat mengatur secara manual nominal patungan untuk masing-masing kontak yang Anda ajak patungan. Selanjutnya, klik "konfirmasi dan ajak patungan"

Nominal patungan tersebut akan terkirim ke kontak teman Anda, sehingga dia dapat mengonfirmasi ajakan Anda tersebut untuk melakukan pembayaran barang atau jasa yang telah disepakati.

Selanjutnya, teman Anda harus mengonfirmasi permintaan tersebut dan melakukan pembayaran melalui akun GoPay miliknya. Setelah jumlah patungan sudah pas, maka pembayaran di aplikasi akan dinyatakan selesai.

Demikianlah cara melakukan patungan di aplikasi GoJek menggunakan fitur "Split Bill" di GoPay yang dapat Anda coba saat membayar barang atau jasa yang Anda gunakan bersama dengan teman Anda.