Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Peramban, Agar Perangkat Lebih Enteng
Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Browser, Agar Perangkat Lebih Enteng (Google)

Bagikan:

YOGYAKARTA - History atau riwayat pencarian yang Anda lakukan menggunakan mesin peramban (browser) di internet dapat membuat kinerja perangkat Anda menjadi lambat. Oleh karenanya, Anda disarankan untuk menghapus riwayat tersebut secara berkala.

Adapun riwayat pencarian yang Anda lakukan akan terekam secara otomatis di mesin Google, sehingga Anda harus membersihkannya secara berkala, baik demi menjaga kinerja perangkat Anda maupun menjaga privasi pengguna.

Dengan menghapus riwayat pencarian yang Anda lakukan, maka informasi perilaku pencarian yang Anda lakukan di internet tidak diketahui oleh orang lain, sehingga data Anda akan lebih aman.

Selain itu, hal tersebut juga dapat merefresh rekomendasi konten yang akan diberikan oleh Google, saat Anda masuk ke mesin pencarian dan melakukan aktivitas browsing.

Jika Anda belum mengetahui cara menghapus riwayat pencarian di browser, pengguna tidak perlu khawatir karena artikel ini akan menjelaskan mengenai cara yang dapat Anda lakukan untuk menghapus riwayat pencarian. Tim VOI pun telah merangkum langkah-langkah yang didapat dari berbagai sumber berikut ini.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Tertentu

Pengguna dapat menghapus sebagian riwayat pencarian yang Anda lakukan di mesin pencarian dengan membuka salah satu browser di perangkat Anda, seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Selanjutnya, klik ikon titik tiga atau menu lainnya di bagian pojok kanan atas. Pilih menu "History", hingga muncul tampilan menu baru dan Anda dapat memilih menu "History" pada menu tersebut.

Pengguna akan dibawa ke jendela baru, yang memperlihatkan riwayat pencarian yang dilakukan di browser tersebut. Anda dapat memilih kolom "Hapus Data Penjelajahan" di sebelah kiri.

Selanjutnya, Anda akan masuk ke menu drop-down, dan pilih histori yang ingin dihapus. Jika Anda ingin menghapus semua riwayat, pengguna dapat memilih menu "Sepanjang Waktu (all time)".

Centang kotak untuk info yang Anda inginkan agar dihapus oleh Chrome, termasuk "history penjelajahan", selanjutnya klik "Hapus Data (clear data)", untuk mulai proses menghapus riwayat pencarian Anda di browser.

Setelah itu, riwayat pencarian yang Anda lakukan akan hilang dari "History" browser yang Anda gunakan, dan secara otomatis tidak tersimpan lagi di rekomendasi Google.

Perangkat Anda pun akan mulai menyimpan riwayat pencarian baru, dan ruang penyimpananya menjadi lebih besar. Hal itu pun dapat menambah kinerja perangkat yang Anda gunakan.

Jika Anda ingin membuat perangkat Anda memiliki kinerja yang lebih cepat, pengguna dapat menghapus riwayat "Cookies dan Situs Lainnya", file dalam cache yang terdapat dalam perangkat Anda.