Apa Itu Google Activity? Berikut Pembahasan Lengkapnya
Apa Itu Google Activity (Gambar Nathana Rebouças - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Siapa yang tak kenal dengan Google? Mengingat saat ini Google sudah menjadi platform yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Namun pernahkah kalian mendengar apa itu Google Activity? Yuk kita bahas di sini!

Tidak cuma semata buat selaku peramban buat menelusuri interet, Google mempunyai bermacam platform lain yang biasa digunakan buat menunjang kegiatan sehari- hari. Misalnya saja Google Mail, Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Google Workspace, serta masih banyak yang lain.

Tiap produk Google mempunyai peranan serta manfaat masing-masing. Salah satunya Google Activity yang bermanfaat buat mengakses serta mengendalikan aktivitas akun Google Kalian. Tiap pengguna yang mendaftar akun Google secara otomatis bakal tersambung dengan kanal Google Activity. Nah untuk Kalian yang masih kurang familiar fungsi serta pemakaian Google Activity, sepenuhnya berikut ini ulasannya.

Apa Itu Google Activity

Dilansir dari situs CNET, Google Activity ataupun myactivity.google.com merupakan halaman aktivitas yang membolehkan pengguna dapat melihat seluruh data penting yang dikumpulkan Google mengenai aktivitasnya selama memakai bermacam platform di Google.

Di halaman Google Activity, pengguna bakal mendapatkan jejak aktivitas dari bermacam produk Google, semacam Penelusuran, Penelusuran Foto, Maps, Play, Belanja, YouTube, serta bahkan saat Kalian mengakses Bantuan Google.

Jadi, tiap kunjungan Kalian ke laman Bantuan pula dicatat oleh Google. Secara default, Google Activity menampilkan rangkuman aktivitas pengguna dalam wujud garis waktu, di mana informasi digabungkan berdasarkan hari. Bila Kalian mau melihat catatan tiap item secara terpisah di timeline, cukup klik tombol menu (3 baris) di sudut kiri atas serta pilih opsi "Tampilan item".

Fungsi Google Activity

1. Riwayat pencarian

Menyimpan riwayat pencarian pengguna, membolehkan pengguna buat melihat serta mengelola riwayat penelusuran mereka dari waktu ke waktu.

2. Privasi serta kontrol

Memberikan kontrol kepada pengguna atas data aktivitas mereka. Pengguna bisa menghapus ataupun mengelola jejak aktivitas mereka buat tingkatkan privasi.

3. Melacak Aktivitas Pengguna

Google Activity mencatat kegiatan pengguna, termasuk penelusuran website, penelusuran gambar, pemakaian Google Maps, pemakaian aplikasi Play, penelusuran YouTube, serta yang lain.

4. Akses di Berbagai Perangkat

Bisa diakses lewat bermacam fitur, membolehkan pengguna buat melihat kegiatan mereka dari pc, ponsel, ataupun tablet.

5. Integrasi dengan Bermacam Layanan

Mencampurkan kegiatan dari bermacam layanan Google, menciptakan gambaran yang komprehensif tentang interaksi pengguna dengan ekosistem Google.

Cara Memakai Google Activity

  1. Masuk ke Google Chrome
  2. Pastikan Kalian telah menghubungkan ke akun Google Anda
  3. Berikutnya masuk ke halaman https://myactivity. google.com/
  4. Berikutnya mulai telusuri aktivitas Kalian
  5. Di sebelah kiri Kalian bakal menemukan filter berdasarkan tanggal, produk Google( semacam Penelusuran, YouTube, ataupun Maps), serta kata kunci.
  6. Pakai filter ini buat menemukan aktivitas khusus yang Kalian inginkan
  7. Klik pada aktivitas buat melihat detail lebih lanjut, semacam web website yang didatangi, video yang ditonton, ataupun dokumen yang diedit Berikutnya Kalian dapat mengatur serta mengecek bermacam kegiatan, mulai menghapus, melihat riwayat, serta lain sebagainya.

Selain itu kalian juga bisa mengetahui: “Cara Cepat Melihat dan Menghapus Riwayat Pencarian di Google Lens” agar memudahkan kalian kedepannya.

Jadi setelah mengetahui apa itu Google Activity, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!