Cara Mudah Menggunakan Aplikasi <i>Nearby Share</i> di Android yang Mirip Airdrop
Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Nearby Share di Android yang Mirip Airdrop (XDA Developer)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Google secara resmi merilis aplikasi Nearby Share, yang berfungsi untuk berbagi foto atau dokumen ke sesama pengguna ponsel Android di sekitarnya.

Aplikasi Nearby Share pun memiliki fungsi dan cara penggunaan yang mirip dengan fitur AirDrop di ponsel iPhone. Dengan aplikasi tersebut pengguna dapat berbagi file foto maupun dokumen lebih mudah melalui proses yang sederhana.

Para pengguna ponsel Android pun tidak perlu khawatir kualitas file yang dikirim jadi menurun. Pasalnya, dengan aplikasi Nearby Share, file yang dikirim akan tetap memiliki resolusi yang sama sehingga tidak akan membuat kualitas file.

Oleh karenanya, mengirim file menggunakan aplikasi "Nearby Share" dapat membuat pengguna ponsel Android lebih aman dan nyaman. Anda pun dapat menggunakan Android Anda dengan teknologi yang setara dengan iPhone.

Jika Anda tertarik untuk mencoba aplikasi tersebut, tetapi belum mengetahui cara menggunakannya, tim VOI telah mempersiapkan tutorial yang dapat Anda ikuti di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Aplikasi Nearby Share

Sebelum menggunakan aplikasi Nearby Share, pengguna dapat memastikan terlebih dahulu bahwa ponsel yang Anda gunakan kompatibel untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Meskipun tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang terlalu besar, tetapi jika Anda menggunakan ponsel model lama dapat mempengaruhi performa saat mengoperasikan aplikasi Nearby Share.

Selanjutnya, Anda dapat melakukan pembaruan sistem operasi Android di menu pengaturan. Apabila Anda sudah melakukan pembaruan dan memastikan ponsel Anda kompatibel, pengguna dapat mencoba mengirim file yang Anda inginkan.

Pertama pilih salah satu file di perangkat Anda, kemudian tahan pada layar ponsel. Akan muncul pilihan menu yang dapat Anda pilih, klik ikon bagikan atau "Share".

Selanjutnya, gulir ke atas pada menu berbagi Android, kemudian pilih ikon "Nearby Share". Pilih “On” untuk mengaktifkan "Berbagi di Sekitar", dan Anda dapat mencari kontak di ponsel Anda yang ingin Anda kirimi dokumen atau foto.

Semua kontak yang tersedia dan dapat menerima file menggunakan aplikasi "Nearby Share" akan muncul di ponsel Anda. Pilih salah satu kontak yang ingin Anda kirimi file tersebut.

Selanjutnya, Anda dapat menunggu beberapa saat untuk memproses pengiriman file. Jika proses sudah selesai, maka dokumen sudah langsung bisa diakses dari perangkat yang Anda kirimi file tersebut.

Demikianlah cara mengaktifkan aplikasi "Nearby Share" yang sudah tersedia di ponsel Android. Pengguna dapat memakai aplikasi tersebut untuk berbagi file foto dan dokumen kepada pengguna lain.