Bagikan:

JAKARTA - Selain mengirim file berupa foto, video, atau teks, ternyata smartphone Anda juga bisa membagikan aplikasi dengan menggunakan fitur Nearby Share, yang tersedia di aplikasi Play Store. 

Nearby Share adalah fitur Android yang mirip dengan AirDrop di iPhone, iPad, dan Mac. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu bertukar info kontak atau berada di jaringan yang sama dengan seseorang. Anda hanya perlu berada di dekatnya secara fisik saja. 

Google Play Store memiliki fungsi Nearby Share bawaan untuk mengirim aplikasi dan gim kepada orang lain. Dengan demikian, penerima dapat dengan cepat menginstal aplikasi tersebut, tanpa mengunduhnya terlebih dahulu secara manual.

Untuk membagikan dan menerima aplikasi menggunakan fitur Nearby Share melalui play store, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, buka aplikasi Play Store di ponsel atau tablet Android Anda
  2. Kemudian ketuk ikon profil Anda yang berada di sudut kanan atas dan pilih Manage Apps & Device dari menu
  3. Gulir ke bawah dan ketuk tombol Send untuk memulai proses
  4. Selanjutnya, Anda harus memberikan izin Play Store untuk menemukan perangkat terdekat dengan mengklik opsi Allow pada menu drop-down 
  5. Selanjutnya, Anda akan melihat daftar semua aplikasi dan gim yang diinstal pada perangkat Anda. Pilih aplikasi yang ingin Anda bagikan, lalu ketuk ikon pesawat di sudut kanan atas

Sekarang, orang yang menerima harus membuka Play Store mereka juga dan menuju ke tab Manage Apps & Device. Namun, mereka akan memilih Recieve. Setelah Anda melihat perangkat mereka muncul, pilih nama perangkat itu.

Kode pemasangan akan muncul di perangkat Anda dan mereka. Biarkan mereka tahu apa kodenya dan mereka dapat mengetuk Receive jika cocok. Aplikasi akan dikirim, dan mereka dapat mengetuk tombol install untuk mendapatkannya.