Nggak Pakai Repot, Begini Cara Minta Pengembalian Dana di Play Store
Cara minta pengembalian dana di play store (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Saat Anda membeli suatu aplikasi atau di dalam aplikasi dan tidak berjalan dengan baik, tidak perlu khawatir, karena Anda dapat mengajukan pengembalian dana dengan cepat dan mudah. 

Jika Anda baru pertama kali minta pengembalian dana di Google Play Store, berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan:

Cara meminta pengembalian dana Google Play Store di ponsel

Cara 1: Melalui pembelian aplikasi

Ikuti langkah-langkah di bawah ini, dan Anda akan mendapatkan pengembalian dana tanpa masalah jika Anda tercakup dalam kebijakan pengembalian dana Google Play.

  1. Buka laman Play Store dari aplikasi yang Anda beli dan ketuk Refund 
  2. Klik Request Refund di jendela pop-up
  3. Setelah mengonfirmasi pengembalian dana, Anda akan menerima email yang mengonfirmasi bahwa permintaan pengembalian dana Anda telah diproses dan dana akan dikembalikan.

Cara 2: Langsung di dalam aplikasi

Metode kedua ini dapat digunakan untuk mengembalikan uang pembelian apa pun. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Play Store dan ketuk foto profil Anda di pojok kanan atas layar
  2. Ketuk Pembayaran & Langganan dari jendela pop-up
  3. Ketuk Anggaran & riwayat
  4. Ketuk pembelian Anda dan ketuk Refund
  5. Konfirmasikan pengembalian dana Anda dengan mengetuk Ya di jendela pop-up
  6. Meminta pengembalian dana relatif tidak merepotkan, tetapi memeriksa laporan bank Anda selalu merupakan ide bagus untuk memastikan dana tiba. Jika ada masalah dengan permintaan pengembalian dana, hubungi tim dukungan Google Play Store. 

Cara meminta pengembalian dana di desktop

Selain meminta pengembalian dana di ponsel, Anda juga dapat meminta pengembalian dana melalui halaman Dukungan Google di desktop. Ikuti cara berikut:

  1. Buka Bantuan Google Play tentang meminta pengembalian dana
  2. Klik Request Refund. Ini membawa Anda ke halaman yang tertaut ke kebijakan pengembalian dana
  3. Klik Lanjutkan di bagian bawah halaman
  4. Pilih Ya dan klik Lanjutkan di bagian bawah halaman untuk melihat pembelian terbaru Anda. Memilih Tidak dan mengklik Lanjutkan memberi Anda tautan dan permintaan untuk masuk ke akun Google yang benar
  5. Pilih pembelian yang ingin dikembalikan dananya dan klik Lanjutkan untuk membuka halaman konfirmasi
  6. Pilih alasan permintaan pengembalian dana Anda dan klik Lanjutkan .
  7. Jelaskan masalah Anda dan klik Minta pengembalian dana untuk menyelesaikan proses
  8. Anda akan menerima email yang mengonfirmasi bahwa pengembalian dana Anda akan diproses.