Antiribet, Begini Cara Berhenti Berlangganan Aplikasi di Play Store dan App Store
Berhenti berlangganan di App Store dan Play Store (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 JAKARTA – Berlangganan aplikasi biasanya memberikan beberapa keuntungan, tetapi tak semua orang mampu atau mau menyisihkan dana secara terus-menerus untuk mendapatkan keuntungan premium.

Selain karena masalah dana, tak sedikit pengguna yang hanya berlangganan untuk memanfaatkan layanan uji coba. Artinya, mereka bisa merasakan layanan premium selama beberapa waktu tanpa dipungut biaya apa pun.

Lewat dari waktu yang telah ditetapkan, aplikasi akan mulai memotong dana secara otomatis. Jika Anda tidak ingin membayar, Anda harus segera mengakhiri layanan tersebut melalui toko digitalnya seperti Play Store dan App Store.

Cara untuk membatalkan langganan aplikasi ini tidak sulit. Namun, biasanya pengguna dibuat bingung dengan letak menu untuk berhenti berlangganan. Agar tidak kesulitan, berikut ini cara berhenti berlangganan di Play Store dan App Store, dikutip dari Engadget.

Cara Berhenti Berlangganan di Play Store

Bagi pengguna Android, Anda perlu menghentikan langganan aplikasi melalui toko digital Play Store milik Google. Pastikan untuk membuka aplikasi terlebih dahulu dan buka lingkaran profil di sudut kanan atas layar.

Setelah diketuk, klik opsi Pembayaran dan Langganan, lalu buka menu Langganan. Nantinya, Play Store akan menampilkan riwayat berlangganan aplikasi, baik yang sedang aktif maupun yang sedang tidak aktif.

Di kolom langganan aktif, klik aplikasi yang ingin dihentikan langganannya dan pilih Batalkan Langganan. Saat muncul pop-up konfirmasi, isi alasan Anda untuk menghentikan aplikasi. Jika sudah diisi, langganan Anda akan otomatis berakhir.

Cara Membatalkan Langganan Lewat App Store

Tak jauh berbeda dengan Play Store, pengguna App Store di iPhone atau iPad bisa mengakhiri aplikasi dengan cara membuka kotak profil di bagian atas layar. Setelah itu, ketuk menu Media dan Pembelian.

Saat App Store menampilkan jendela pop-up, ketuk Lihat Akun dan gulir layar untuk menemukan menu Langganan. Di dalam menu tersebut, Anda akan melihat langganan yang sedak aktif dan tidak aktif.

Ketuk aplikasi yang ingin dimatikan langganannya, kemudian pilih Batalkan Langganan. Setelah mengisi pop-up yang meminta konfirmasi keputusan, Anda bisa langsung mengakhiri langganan aplikasi tersebut.

Itu dia cara menghentikan langganan aplikasi lewat App Store dan Play Store. Perlu diingat bahwa cara ini hanya berlaku pada aplikasi yang tidak diunduh dengan cara sideload melalui toko digital pihak ketiga maupun situs web.