Bagikan:

JAKARTA - Ketika Anda berlangganan suatu aplikasi, saldo dari dompet digital atau pulsa yang Anda gunakan akan otomatis terpotong dan memperpanjang langganan ketika memasuki bulan selanjutnya. 

Namun, ketika Anda ingin berhenti berlangganan, menghapus atau meng-uninstall aplikasi bukanlah keputusan yang tepat. Karena, mencopot pemasangan aplikasi tidak sama dengan menghentikan langganan. 

Salah satu cara menghentikan langganan aplikasi adalah dengan melakukannya secara manual melalui Google Play Store. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Di perangkat Android Anda, buka  aplikasi play store 
  2. Kemudian buka menu payment and subscriptions > subscription 
  3. Pilih langganan yang ingin Anda batalkan
  4. Ketuk cancel subscription
  5. Ikuti petunjuk yang ada.  

Bila Anda memutuskan untuk membatalkan langganan, Anda masih dapat menggunakan langganan Anda selama waktu yang telah Anda bayarkan.

Misalnya, jika Anda membeli langganan satu tahun pada tanggal 1 Januari seharga Rp169 ribu dan memutuskan untuk membatalkan langganan Anda pada tanggal 1 Juli, maka Anda masih memiliki akses ke langganan hingga 31 Desember.

Tapi, Anda tidak akan dikenakan biaya langganan tahunan lagi sebesar Rp169 ribu pada tanggal 1 Januari berikutnya. 

Beberapa aplikasi memungkinkan Anda menjeda langganan Anda. Saat Anda menjeda langganan, langganan Anda akan dijeda pada akhir periode penagihan Anda saat ini. Untuk melakukan lakukan langkah ini:

  1. Di perangkat Android Anda, buka  aplikasi play store 
  2. Kemudian buka menu payment and subscriptions > subscription 
  3. Pilih langganan yang ingin Anda jeda
  4. Ketuk Manage > then Pause payments
  5. Tetapkan jangka waktu untuk menjeda pembayaran
  6. Ketuk Konfirmasi