Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 Resmi Ditarik dari Apple Store AS
Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 berhenti dijual (foto: dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA – Sesuai dengan keputusan Komisi Perdagangan Internasional (ITC) Amerika Serikat, penjualan Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 resmi dihentikan pada 24 Desember lalu.

Kini, dua jam tangan pintar yang baru dirilis pada September lalu itu tidak dapat ditemukan di semua Apple Store Amerika Serikat. Dua perangkat ini juga telah dihapus dari toko online Apple, khusus di Amerika Serikat.

Tindakan penghentian ini terlihat dari papan promosi Apple Store yang telah diubah. Jika sebelumnya papan promosi masih menampilkan Apple Watch Series 9 dan Ultra 2, sekarang perangkat yang ditampilkan adalah Apple Watch SE.

Tak seperti dua seri jam tangan pintar lainnya, Apple Watch SE tidak memiliki sensor oksigen darah sehingga perangkatnya aman untuk dijual. Perangkat ini juga tidak melanggar hak paten yang dimiliki Masimo, perusahaan teknologi medis.

Dihentikannya penjualan Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 merupakan bentuk kepatuhan Apple terhadap keputusan ITC pada Oktober lalu. Saat itu, Apple dinyatakan telah melanggar hak paten dari perangkat yang dikeluarkan Masimo.

Meski ITC telah melarang penjualan dua jam tangan pintar tersebut, Apple masih memiliki harapan karena keputusan ITC sedang ditinjau di Gedung Putih. Peninjauan ini berlangsung selama 60 hari dan akan berakhir pada Senin, 25 Desember.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden memiliki hak untuk membatalkan keputusan ITC sehingga Apple bisa kembali menjual dua perangkat cerdas mereka. Namun, Biden belum mengambil tindakan apa pun hingga saat ini.

Sembari menunggu keputusan Biden, Apple sempat mengajukan mosi terkait penundaan penjualan dua jam tangan pintarnya. Keputusan ini ditentang oleh penggugat, bahkan Masimo sempat mengajukan keberatan hingga dua kali pada tanggal 9 dan 20 November.

Setelah mendalami mosi Apple dan pengajuan keberatan dari Masimo, ITC memutuskan untuk menolak permintaan Apple. Oleh karena itu, penghentian penjualan tetap berlaku meski Biden belum mengumumkan keputusannya.

Sementara itu, Apple sempat mengatakan kepada 9to5mac bahwa mereka akan mengajukan banding atas keputusan ITC ke Pengadilan Banding Amerika Serikat untuk Sirkuit Federal. Rencananya, banding ini akan diajukan pada 26 Desember mendatang.

Terkait