Deretan Produk Apple yang Setop Produksi Mulai Tahun 2023, Ada iPhone 13 Mini
IPhone 13 Mini, salah satu produk Apple yang setop produksi mulai tahun 2023 (Foto: Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sepanjang tahun 2023, Apple telah menghentikan beberapa perangkat produksinya untuk memberikan ruang bagi gadget terbaru. Salah satu produk Apple yang setop produksi mulai tahun 2023 adalah iPhone 13 mini.

Masa produksi iPhone 13 Mini telah dihentikan sejak September 2023. Perangkat tersebut menjadi seri ‘mini’ terakhir yang diperkenalkan oleh raksasa teknologi asal Amerika tersebut.

Sebagaimana diketahui, Apple menghadirkan seri ‘mini’ dengan ukuran yang lebih kecil, yakni 5,4 inci dengan bezel yang jauh lebih tipis. Kehadiran seri tersebut pada mulanya ditujukan khusus untuk pengguna yang menyukai gadget berukuran kecil.

Akan tetapi, dalam perjalanannya iPhone seri mini sepi peminat. Penjualannya justru lebih rendah dari seri lainnya. Sebab, pengguna lebih menyukai seri utama dari perangkat iPhone yang diluncurkan oleh Apple.

Alhasil, Apple memutuskan untuk menghentikan produksi iPhone seri mini. Pada seri iPhone 14, pengguna sudah tidak lagi menemukan seri mini dari perangkat Apple.

Selain iPhone 13 mini, apa saja produk Apple yang mulai setop produksi tahun 2023? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Produk Apple yang Setop Produksi Mulai Tahun 2023

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat, 22 Desember 2023, berikut sederet produk Apple yang setop produksi mulai tahun 2023:

1. MacBook Pro 13 inci

Masa produksi MacBook Pro 13 ini mulai diberhentikan setelah digelarnya acara “Scary Fast” yang dipentaskan pada akhir Oktober 2023 lalu.

Ilustrasi macbook pro
Ilustrasi macbook pro (Photo By Tobias Lystad on Unsplash).

Perangkat ini memiliki desain berusia tujuh tahun dan merupakan Mac terakhir yang dibekali Touch Bar.

Untuk mengisi ruang kosong yang ditinggalkan MacBook Pro 13, Apple meluncurkan MacBook Pro 14-inci entry-level dengan chip M3 standar. Model 14 inci menawarkan beberapa peningkatan ketimbang model 13 inci, seperti chip M3, layar ProMotion 120 Hz, kamera 1080p, dan lebih banyak port.

2. Paket baterai MagSafe

Paket Baterai MagSafe dihentikan masa produksinya pada September 2023 silam, tepatnya setelah Apple merilis iPhone 15 series.

Diketahui, paket baterai MagSafe diluncurkan pada 2021 dan dijual dengan harga 99 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp1,5 juta.

Perangkat ini dipasang secara magnetis di bagian belakang iPhone 12 dan seri yang lebih baru, sehingga memberikan masa pakai baterai tambahan selama berjam-jam.

Seiring berjalannya waktu, produk ini menjadi ketinggalan jaman. Terlebih, semua model iPhone 15 sudah dibekali dengan paket baterai yang memiliki port pengisian daya Lightning.

3. MagSafe Duo charger

Pengisi daya MagSafe Duo dihentikan masa produksinya pada September 2023 silam. Charger ini dirilis pada tahun 2020 dan merupakan alat pengisi daya lipat dengan pengisi daya MagSafe untuk iPhone dan keping pengisi daya magnetis Apple Watch.  

Pengisi daya magsafe
Pengisi daya MagSafe (dok. Apple)

Senada dengan paket baterai MagSafe, produk ini dibekali dengan port pengisi daya Lightning.

4. Aksesoris berbahan kulit

Apple mulai menghentikan penjualan aksesori kulit secara global pada September 2023, termasuk casing iPhone versi kulit, Dompet MagSafe, tali jam Apple Watch, dan masih banyak lagi. Upaya ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.

Sebagai gantinya, Apple merilis bahan kain FineWofen baru untuk aksesori. Bahan di disebut memiliki jejak karbon yang jauh lebih rendah ketimbang bahan kulit.

Akan tetapi, pengguna mengeluhkan casing iPhne ini, sebab mudah tergores dan terpapar noda.

Demikian informasi tentang produk Apple yang setop produksi mulai tahun 2023. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.