Bagikan:

JAKARTA – Apple diperkirakan akan meluncurkan beberapa produk baru pada 10 September mendatang, seperti seri iPhone 16 hingga Apple Watch. Sayangnya, perangkat baru ini akan menghentikan produk yang lebih lama.

Dilansir dari 9to5mac, ada sepuluh perangkat yang mungkin akan berhenti diproduksi setelah perangkat baru dirilis. Beberapa perangkat itu adalah seri iPhone 15 Pro dan Pro Max, iPhone 14 Plus, iPhone 13, Apple Watch Series 9, Apple Watch Ultra 2, dan masih banyak lagi.

Sejak tahun 2018, Apple terbiasa menghentikan produksi ponselnya dalam waktu setahun. Kebiasaan ini sudah diterapkan sejak iPhone XS dan XR diproduksi. Meski Apple akan menghentikan produksi iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max, versi entry-level masih bisa dibeli di Apple Store.

Ponsel berikutnya yang akan berhenti diproduksi dan mungkin tidak akan beredar di Apple Store lagi adalah iPhone 14 Plus. Seperti iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max, Apple hanya akan mempertahankan produk entry-level dari perangkat yang lebih lama.

Perangkat lainnya yang akan berhenti diproduksi adalah iPhone 13 yang berusia hampir tiga tahun. Jika tetap dijual, iPhone 13 akan menjadi produk iPhone tertua di Apple Store. Namun, jika iPhone 13 tidak lagi dijual di Apple Store, iPhone 14 akan menjadi penggantinya.

Apple Watch Series 9, Ultra 2, dan SE 2 diluncurkan pada September tahun lalu, berbarengan dengan seri iPhone 15. Selain meluncurkan seri iPhone 16, Apple juga akan meluncurkan smart watch terbaru sehingga tiga perangkat wearable ini akan berhenti diproduksi.

Perangkat lainnya yang tidak akan diproduksi lagi adalah AirPods 2 dan 3 serta iPad mini 6 dan iPad generasi 10. Dalam waktu dekat, Apple akan meluncurkan dua model dari AirPods 4 dan menjual iPad 10 yang tersisa dengan harga murah. Sementara untuk iPad mini, Apple belum pernah memproduksi model lama dari iPad.