Bagikan:

JAKARTA – Apple resmi meluncurkan jajaran iPhone terbaru di acara It's Glowtime pada Selasa, 10 September pukul 00.00 WIB. Dengan dirilisnya ponsel baru ini, Apple resmi menghentikan produksi untuk iPhone 13.

Perangkat yang dirilis pada tahun 2023 ini sudah masuk ke bagian ponsel tertua dari iPhone. Dengan dihentikannya produksi iPhone 13, penggemar Apple hanya dapat membeli sisa perangkat yang tersedia di toko. Setelah persediannya habis, perangkat ini akan menghilang dari Apple Store.

Ada beberapa model iPhone yang masih masuk ke dalam kategori terkini dan bisa dibeli hingga beberapa bulan mendatang karena perangkatnyaa masih diproduksi. Model iPhone tersebut adalah iPhone SE 3, iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 15, iPhone 15 Plus, dan seri iPhone 16 terbaru.

Saat ini, mayoritas model iPhone yang diproduksi sudah menggunakan port USB-C karena seri iPhone 16 juga menggunakan port tersebut. Model iPhone terkini yang masih menggunakan port Lightning adalah iPhone SE 3, iPhone 14, dan iPhone 14 Plus.

Selain menghentikan produksi iPhone 13, Apple juga menghentikan produksi iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Perusahaan itu sengaja hanya menyisakan entry-level dari jajaran iPhone 15 agar orang lebih tertarik untuk membeli iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max.

Perangkat lain yang tidak akan diproduksi lagi merupakan model iPad dan perangkat wearable buatan Apple. Perusahaan itu tidak akan memperpanjang masa produksi untuk AirPods 2, AirPods 3, iPad Mini 6, dan iPad generasi 10.

Hal ini dilakukan karena Apple telah meluncurkan AirPods 4, berbarengan dengan peluncuran seri iPhone 16. Apple juga akan meluncurkan iPad entry-level generasi terbaru dan iPad Mini 7 di acara yang terpisah pada Oktober mendatang.