Bagikan:

JAKARTA – Apple belum mengatasi bug di perangkat high-end terbarunya, yaitu iPhone 16 Pro. Hal ini terungkap karena keluhan mengenai ponsel yang macet atau melakukan restart secara acak masih bermunculan.

Masalah ini sudah terlihat sejak iOS 18 dirilis, mengutip dari Macrumors. Sejumlah pengguna di Reddit dan Komunitas Dukungan Apple mengatakan bahwa iPhone mereka sering mengalami freeze saat sedang digunakan atau mengalami re-boot tanpa diminta.

Sepertinya, masalah ini muncul secara acak. Terkadang, perangkat berjalan dengan normal dan tidak ada masalah, tetapi terkadang yang terjadi justru sebaliknya. Perangkat bisa lambat atau bahkan berhenti saat merespons dan melakukan re-boot saat berada di mode Standby. 

Dalam tingkat terburuk, beberapa pengguna bisa mengalami crash 10 hingga 20 kali dalam sehari. Saat pengguna mencoba untuk tidak menginstal ulang dari iCloud, masalah crash atau re-boot berhasil diatasi, tetapi tidak semua pengguna bisa melakukannya. 

Ini merupakan masalah yang serius bagi sejumlah pengguna iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max sehingga perbaikan bug-nya sudah sangat ditunggu. Namun, hingga iOS 18.1 dirilis, pengguna yang terdampak belum mendapatkan perbaikan. 

iPhone 16 series dirilis pada September lalu dan tak lama setelah peluncuran, laporan mengenai model iPhone 16 Pro yang mengalami masalahnya terus bermunculan. Ketika pengguna mencoba beralih ke iOS 18.1 dengan pembaruan Apple Intelligence, masalah ini belum teratasi. 

Dengan munculnya solusi penanganan melalui iCloud, muncul dugaan bahwa bug ini berasal dari platform penyimpanan berbasis cloud tersebut. Hingga saat ini, belum diketahui kapan perbaikan masalah di iPhone 16 Pro akan ditangani oleh Apple.