iPhone 13 Mulai Muncul di <i>Website</i> Apple Indonesia Tapi Belum Ada Harganya
IPhone sudah tersedia di situs Apple Indonesia (Tangkapan layar Apple.com)

Bagikan:

JAKARTA – Apple kemungkinan akan segera menjual iPhone 13 di pangsa pasar Indonesia. Hal tersebut diketahui dari website resmi Apple Indonesia, di mana deretan iPhone 13 sudah ditampilkan di laman tersebut termasuk iPhone 13, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Mini, dan iPhone 13 Pro Max.

Situs Apple Indonesia juga menampilkan spesifikasi iPhone 13 beserta deretan fitur-fitur yang diusungnya. Selain itu, turut ditampilkan pula jam pintar Apple Watch Series 7, iPad 9 dan iPad Mini 6. “Kekuatan super baru di tangan Anda,” tulis Apple mengenai jam pintar Apple Watch Series 7 di laman resminya.

Meski demikian, Apple Indonesia tampaknya masih merahasiakan harga dan tanggal perilisan jajaran iPhone 13, Apple Watch Series 7, dan iPad terbarunya. Laman Apple Indonesia hanya menuliskan keterangan “cek kembali untuk informasi ketersediaan”.

Kemunculan keluarga iPhone 13 di Tanah Air sebenarnya sudah bisa dilihat sejak model iPhone 13 mendapat sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Di laman resmi Kemenperin dapat ditemukan sertifikat TKDN iPhone 13 dengan nomor 10422/SJ-IND.8/TKDN/9/2021. Sertifikat tersbut diterbitkan pada tanggal 30 September 2021. Sementara di kolom merek dan tipe, ada empat ponsel yang sudah mendapat nilai TKDN sebesar 30 persen. Nilai ini merupakan syarat perangkat 4G supaya bisa dipasarkan di Tanah Air.

Keempat ponsel tersebut yaitu iPhone model A2628 (iPhone 13), iPhone model A2633 (iPhone 13 Mini), iPhone model A2638 (iPhone 13 Pro), iPhone model A2643 (iPhone 13 Pro Max. Sedangkan produk terbaru Apple lainnya seperti Apple Watch Series 7 dan iPad Mini 6 serta iPad 9 sudah mengantongi sertifikat TKDN pada awal Oktober ini.

Sertfikat TKDN menandakan perangkat Apple tersebut bisa segera dipasarkan di Indonesia. Deretan iPhone 13, Apple Watch, dan iPad terbaru kemungkinan akan mulai dijual pada akhir tahun 2021 ini, sekitar bulan November dan Desember. Meski begitu, prediksi tersebut bisa maju atau mundur sesuai keputusan pihak Apple sendiri.

Biasanya info resmi jadwal penjualan produk terbaru diumumkan oleh distributor resmi Apple di RI seperti iBox (Erajaya Group) dan Digimap (MAP Group). Patut dinantikan informasi terbaru terkait penjualan iPhone 13 di Indonesia.