Bagikan:

JAKARTA – Selain meluncurkan iPhone 16, Apple akan meluncurkan iPhone SE generasi terbaru. Kabarnya, perangkat entry-level ini akan menggunak chipset yang mendukung berbagai fitur Apple Intelligence.

Dilansir dari 9to5mac, iPhone SE 4 akan menggunakan chipset yang sama dengan seri iPhone 16, yaitu A18. Belum diketahui berapa RAM yang akan digunakan untuk mendukung fitur Kecerdasan Buatan (AI) dari Apple. Sepertinya, antara 6GB dan 8GB.

Jika rumor penggunaan chipset A18 ini benar, Apple tampaknya ingin kembali dengan konsep di masa lalu. Sebelum meluncurkan jajaran iPhone 14, model Pro dan non-Pro akan menggunakan chipset yang sama, hanya saja inti CPU dan GPU-nya berbeda.

Namun, sejak seri iPhone 14 diluncurkan, Apple mulai membedakan chip untuk model Pro. Perangkat ini terasa lebih eksklusif dengan kinerja dan chipset yang dibedakan, sesuai dengan harganya yang jauh lebih mahal dari model iPhone lain.

Sejak Apple memperkenalkan inovasi Apple Intelligence di acara WWDC 2024 lalu, terungkap bahwa teknologi AI ini hanya ditambahkan ke chipset A17 Pro dan yang lebih baru. Sepertinya, hal ini yang mendasari penggunaan chipset A18 di iPhone SE 4.

Meski iPhone SE dikategorikan sebagai ponsel termurah dari Apple, perangkat ini selalu menggunakan chipset terbaru dari Apple. Namun, iPhone SE terakhir kali diluncurkan pada tahun 2022 sehingga Apple bisa menggunakan chipset A16 Bionic atau A17.

Pemilihan chipset A18 untuk iPhone SE 4 akan menghadirkan kinerja yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Dengan menghadirkan Apple Intelligence ke iPhone SE 4, ponsel ini bisa menjangkau lebih banyak pasar dengan harganya yang lebih terjangkau.