Bagikan:

JAKARTA – Pemimpin Subkomite Alokasi Senat berencana meningkatkan anggaran dana NASA untuk mendukung program Artemis. Rencana ini akan dibahas di pertemuan Komite pada 25 Juli mendatang.

Dilansir dari Spacenews, Komite Alokasi Senat akan membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Belanja, Perdagangan, Keadilan, dan Sains (CJS) untuk tahun fiskal 2025. Peningkatan dana yang diajukan akan dipertimbangkan oleh seluruh anggota komite.

"Kami sangat senang telah mencapai kesepakatan mengenai RUU kami," kata Ketua Subkomite Alokasi CJS, Senator Jeanne Shaheen. "Kami telah meningkatkan pendanaan untuk NASA."

Shaheen tidak menjelaskan apakah peningkatan dana ini sudah sesuai dengan permintaan NASA. Lembaga antariksa itu menerima 24,875 miliar dolar AS (Rp403 triliun) untuk tahun fiskal 2024 dan mereka mengajukan 25,4 miliar dolar AS (Rp411 triliun) untuk tahun fiskal 2025.

Meski tidak disebutkan juga berapa dana yang akan mereka tambahkan, Shaheen menjelaskan bahwa peningkatan dana ini merupakan bentuk dukungan bagi seluruh program NASA, termasuk misi eksplorasi Bulan melalui misi Artemis.

"Saya ingin menekankan bahwa dalam RUU anggaran tahun lalu dan RUU anggaran tahun ini, tujuan saya dan yang lainnya adalah memastikan bahwa Artemis dilindungi dan rencana kami untuk mendarat di bulan dimajukan," jelas Shaheen.

Shaheen juga menyinggung persaingan yang sangat serius dengan China. Negara itu berencana mendaratkan astronot di Bulan pada akhir tahun ini dan AS tidak ingin didahului. Oleh karena itu, mereka akan mendukung penuh misi Artemis melalui peningkatan dana.