Bagikan:

JAKARTA – Setelah membuat laporan mengenai daftar iPad yang paling populer, CIRP kini merilis hasil studi mengenai model Apple Watch yang paling banyak dibeli tahun ini. Hasil studi ini dibagikan pada 14 Agustus.

Dalam laporan berjudul Model Apple Watch Tren Menuju Kelas Menengah, CIRP menunjukkan bahwa perangkat yang menduduki peringkat pertama adalah Apple Watch Series 9. Perangkat ini mendominasi pasar penjualan Apple pada Juni lalu.

Sekitar 43 persen konsumen yang disurvei oleh CIRP telah membeli atau beralih ke Apple Watch Series 9. Perangkat wearable ini merupakan model smart watch terbaru dari Apple yang diluncurkan pada akhir tahun lalu, berbarengan dengan seri iPhone 15.

Posisi kedua ditempati oleh Apple Watch Series 8, generasi terdahulu dari Series 9. Meski jumlah penjualannya tidak sebanyak Series 9 di tahun ini, perangkat yang diluncurkan pada September 2022 masih dibeli oleh 19 konsumen dari AS.

Kemungkinan besar, Apple Watch Series 8 banyak dibeli karena perangkat ini sudah turun harga setelah versi terbarunya diluncurkan. Meski tidak sebaik Apple Watch Series 9, berbagai fitur dan sensor di Series 8 masih cukup terkini untuk digunakan.

"Tidak mengherankan, model andalan Series 9 saat ini dan Series 8 dari tahun sebelumnya adalah model yang paling populer. Pada kuartal Juni 2024 terbaru, keduanya menyumbang hampir dua pertiga penjualan Apple Watch," kata CIRP dalam laporannya.

Selanjutnya, posisi ketiga dan keempat diduduki oleh Apple Watch SE dan Apple Watch Ultra 2. Dengan total 20 persen penjualan, masing-masing perangkat ini menyumbangkan hasil penjualan sebesar 12 dan 11 persen.

Posisi dua terakhir ditempati oleh Apple Watch dengan model Ultra biasa dan Nike. Ada 9 persen konsumen yang membeli model Ultra asli dan ada 5 persen konsumen yang membeli model Nike di tahun ini.