Bagikan:

JAKARTA – Ada banyak aplikasi berbayar yang tersedia di Google Play Store, mulai dari aplikasi hiburan, komunikasi, edukasi dan lainnya. Saat membeli aplikasi berbayar, beberapa masalah sangat mungkin terjadi.

Anda mungkin salah membeli aplikasi atau Anda merasa bahwa aplikasi yang Anda beli memiliki fitur yang merugikan sehingga Anda menyesal telah membelinya. Saat hal seperti ini terjadi, Anda mungkin ingin menuntut pengembalian dana.

Pengembalian dana dari Google Play Store bisa dilakukan jika pengguna baru membeli aplikasi dalam waktu 48 jam. Khusus untuk pembelian e-book, buku audio, film, dan acara TV, pengembalian dana bisa diajukan selama pengguna belum pernah mengunduh atau menonton konten.

Pengajuan dari pengguna akan diproses dalam waktu satu hingga empat hari kerja. Berikut ini cara mengajukan pengembalian dana, baik untuk pembelian aplikasi berbayar atau pengembalian dana dari dalam aplikasi, dikutip dari Android Police.

Pengembalian Dana Pembelian Aplikasi

Proses pengembalian dana bisa dilakukan dengan mudah melalui perangkat Android apa pun. Pastikan bahwa Anda telah mengikuti syarat dan ketentuan pengembalian dana sebelum mengajukannya.

  1. Buka halaman Google Play Store.
  2. Cari aplikasi berbayar yang sudah diunduh.
  3. Ketuk Pengembalian Dana di halaman aplikasi.
  4. Lakukan konfirmasi dengan klik Minta Pengembalian Dana.

Pengembalian Dana Pembelian dalam Aplikasi

Metode pengembalian dana untuk pembelian di dalam aplikasi akan tercatat di dalam Google Play Store. Berikut ini tahapan yang bisa Anda lakukan untuk mengajukan pengembalian dana.

  1. Buka halaman Google Play Store.
  2. Klik foto profil di sudut kanan atas layar.
  3. Ketuk menu Pembayaran dan Langganan.
  4. Pilih menu Anggaran dan Riwayat.
  5. Cari daftar pembelian yang pernah dilakukan.
  6. Klik daftar pembeliannya dan pilih Lihat untuk rincian transaksi.
  7. Ketuk Laporkan Masalah, lalu pilih alasan Pengembalian Dana.
  8. Jelaskan masalahnya, kemudian klik tombol Kirim.