Google Mulai Proses Pengembalian Dana Jelang Penutupan Stadia, Begini Caranya!
Google mulai proses pengembalian dana pelanggan Stadia (foto: dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 29 September kemarin, Google secara resmi mengumumkan bahwa server Stadia akan dimatikan mulai 18 Januari 2023.

Google juga menambahkan bahwa jelang pemutusan servernya, kemungkinan akan terdapat beberapa masalah pada gameplay selama periode tersebut.

Meski demikian, Google menjanjikan pengembalian dana terkait dengan pembelian perangkat keras Stadia yang dilakukan melalui Google Store, dan semua pembelian gim dan konten tambahan yang dilakukan melalui toko Stadia. 

Sekarang, Google kembali memberikan pembaruan tentang pengembalian dana yang dijanjikan kepada pemain. 

"Mulai 9 November 2022, Stadia akan mencoba memproses pengembalian dana secara otomatis untuk semua pembelian gim, konten tambahan, dan biaya langganan selain Stadia Pro yang dilakukan melalui Stadia Store," tulis Google dalam pembaruannya. 

Mengetahui jumlah pemain yang tidak sedikit, Google meminta kesabaran pemain selama proses transaksi dilakukan dengan tidak menghubungi Customer Support, karena hal itu tidak akan mempercepat proses pengembalian dana. 

"Kami masih mengharapkan sebagian besar pengembalian dana akan diproses pada 18 Januari 2023," tambah raksasa teknologi tersebut. 

Bagi Anda yang bertanya-tanya bagaimana pengembalian dana itu dilakukan, Google menyatakan bahwa setiap transaksi yang dilakukan akan secara otomatis dikirim dalam bentuk pembayaran yang digunakan orang tersebut untuk melakukan pembelian sebelumnya.

"Jika kami tidak dapat mengeluarkan pengembalian dana Anda ke bentuk pembayaran asli, kami akan mengirimkan email kepada Anda di akun Google yang digunakan untuk melakukan pembelian," jelasnya. 

Email yang dikirimkan tersebut nantinya akan menyertakan petunjuk tentang cara menyiapkan metode pengembalian dana alternatif.

Bagaimana dan Kapan Pembeli Diberi Tahu Tentang Pengembalian Dana?

  • Pelanggan yang telah melakukan 20 pembelian atau kurang di toko Stadia akan menerima satu email untuk setiap transaksi yang dilakukan.
  • Untuk daftar lengkap transaksi yang memerlukan perhatian Anda, silakan kunjungi pay.google.com dan klik Alerts Peringatan di bagian atas halaman.
  • Pelanggan yang telah melakukan 21 pembelian atau lebih di toko Stadia akan menerima satu email yang merangkum semua upaya pengembalian dana. Jika perlu, email ini juga akan memberikan petunjuk tentang langkah-langkah tambahan yang diperlukan untuk membantu Google menyelesaikan pengembalian dana Anda.
  • Jika Anda telah menerima email yang menunjukkan bahwa pengembalian dana telah dilakukan, tetapi bentuk pembayaran yang dikembalikan tidak lagi aktif dan Anda belum menerima email tambahan dari Google dengan langkah selanjutnya, hubungi lembaga perbankan dan/atau kredit perusahaan kartu untuk mendiskusikan bagaimana Anda akan menerima dana Anda.