Bagikan:

JAKARTA – Google belum selesai meluncurkan widget Koleksi untuk Play Store, tetapi perusahaan itu sudah menambahkan fitur baru lainnya. Kini, Google Play akan memberikan rekomendasi aplikasi berdasarkan lokasi.

Jika fiturnya sudah tersedia di Play Store perangkat Anda, Google akan menampilkan pesan yang bertuliskan, "Ingin melihat rekomendasi lokal di Google Play?" Di bagian bawah pesan tersebut, Google mengatakan bahwa lokasi ini hanya digunakan untuk rekomendasi.

"(jika diizinkan) Play dapat menggunakan lokasi perangkat Anda untuk merekomendasikan aplikasi, penawaran, dan konten lokal lainnya yang relevan di area Anda," jelas Google.

Masih di pop-up jendela yang sama, Anda akan melihat dua tombol yang bisa diketuk, yaitu Lanjutkan dan Tidak Terima Kasih. Jika Anda mengeklik tombol Lanjutkan, Google Play Store akan mengajukan izin untuk mengakses lokasi Anda.

Ada tiga opsi yang bisa dipilih, di antaranya Saat Menggunakan Aplikasi, Hanya Kali Ini, dan Jangan Izinkan. Opsi yang Anda pilih akan diingat oleh sistem. Jika Anda tidak keberatan dengan askes lokasi, Anda bisa memilih opsi pertama.

BACA JUGA:


- https://voi.id/teknologi/405924/pengguna-garmin-kini-bisa-beli-tampilan-jam-dan-aplikasi-premium-dengan-garmin-pay 

- https://voi.id/teknologi/405900/youtube-uji-coba-fitur-klarifikasi-konten-mirip-catatan-komunitas-di-x

- https://voi.id/teknologi/405887/nasa-tunda-peluncuran-misi-crew-9-karena-masalah-pesawat-starliner 

- https://voi.id/teknologi/405825/misi-penjelajahan-bulan-bergantung-pada-kekuatan-infrastruktur 

- https://voi.id/teknologi/405712/cara-memutar-layar-iphone-dan-ipad-tanpa-digerakkan

BACA JUGA:


 

Setelah diberi izin, seluruh aplikasi dan penawaran akan disesuaikan dengan lokasi Anda. Akses lokasi ini masih bisa dinonaktifkan dengan cara membuka Pengaturan Play Store, setelah itu klik menu General, lalu nonaktifkan opsi Gunakan Lokasi Perangkat.

Dilansir dari 9to5google, fitur ini ditambahkan ke dalam Google Play versi 42.1.27 untuk perangkat Android. Fitur izin lokasi secara lokal ini masih diluncurkan secara bertahap sehingga belum banyak pengguna Play Store yang melihat fitur ini.