Bagikan:

JAKARTA – Tidak seperti iOS, perangkat Android membebaskan pengguna yang ingin melakukan sideload di ponselnya. Meski berisiko, Google akan memberikan peringatan bahwa sideload tidak sepenuhnya aman.

Google memang mendorong pengunduhan dari Play Store, tetapi tak ada masalah jika penggunanya ingin melakukan sideload. Jika pengguna ingin beralih ke versi aplikasi Play Store, tidak perlu mencopot dan memasang aplikasi karena Play Store menawarkan fitur baru.

Berdasarkan temuan Android Authority di versi Play Store terbaru, yaitu 42.0.18, ada opsi baru untuk memperbarui aplikasi yang diunduh dari situ web atau perangkat lain. Opsi baru ini akan mengizinkan pengguna memperbarui aplikasi secara langsung dari Play Store.

Untuk saat ini, fitur Pembaruan dari Play baru terlihat dalam bentuk kode. Saat membuka halaman aplikasi yang diunduh secara sideload di Play Store, pengguna akan melihat tanda bahwa aplikasi itu bukan berasal dari toko resmi Google.

Google akan memberikan peringatan bahwa, "Aplikasi yang terinstal di perangkat Anda tidak berasal dari Google Play. Anda bisa memperbarui aplikasi dari sumber resmi atau dari Google Play." Untuk beralih ke versi aplikasi resmi, pengguna bisa mengetuk tombol Perbarui dari Play.

Pembaruan dari Play memberikan sedikit kejelasan mengenai sumber aplikasi yang ada di perangkat pengguna. Fitur baru ini merupakan bentuk ajakan secara tidak langsung untuk beralih ke aplikasi yang resmi dan tentunya lebih aman.

Mengingat fitur baru terlihat dalam bentuk kode, belum bisa dipastikan kapan fitur ini akan diluncurkan. Sepertinya, Google akan membutuhkan waktu lebih lama untuk merilis fitur ini ke versi pengujian beta atau versi stabil.