Bagikan:

JAKARTA - Google Play Store akhirnya menghadirkan kembali fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan menginstal beberapa pembaruan aplikasi secara bersamaan. Fitur ini sempat tersedia pada akhir 2000-an hingga awal 2010-an sebelum akhirnya dihapus. Namun, kini fitur tersebut kembali aktif di Play Store.

Menurut laporan dari 9to5Google, Play Store kini memungkinkan penggunanya untuk mengunduh dan menginstal hingga tiga pembaruan aplikasi secara bersamaan. Jika ada lebih dari tiga pembaruan yang harus diunduh, pembaruan tambahan akan ditandai sebagai "pending" dan menunggu giliran untuk diinstal setelah tiga pembaruan pertama selesai.

Fitur ini menjadi peningkatan signifikan dibandingkan dengan kemampuan sebelumnya yang hanya memungkinkan satu pembaruan aplikasi diunduh dan diinstal dalam satu waktu. Meski belum ada penjelasan resmi dari Google mengenai alasan dihapusnya fitur ini lebih dari satu dekade lalu, spekulasi menyebutkan bahwa pada masa itu, kecepatan penulisan penyimpanan di smartphone masih tergolong lambat. Namun, dengan teknologi penyimpanan internal modern seperti UFS dan NVMe yang lebih cepat, fitur ini kini dirasa layak untuk dihadirkan kembali.

Kembalinya fitur ini juga sejalan dengan pembaruan di bulan April lalu yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh dua aplikasi baru sekaligus. Kini, batas tersebut juga telah dinaikkan menjadi tiga unduhan bersamaan, baik untuk aplikasi baru maupun pembaruan aplikasi.

Bagi pengguna yang ingin mencoba fitur ini, mereka bisa melihat apakah perangkat mereka mendukungnya dengan membuka Play Store dan mencoba mengunduh beberapa pembaruan sekaligus. Pastikan perangkat Anda mendukung fitur ini.