Google Play Store Hadirkan Fitur Pengunduhan Beberapa Aplikasi Sekaligus
Google Play Store bisa unduh banyak aplikasi (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

 

JAKARTA – Google telah menguji fitur pengunduhan dan pemasangan aplikasi secara bersamaan di Google Play Store. Selama beberapa tahun terakhir, fitur ini hanya terlihat di versi pengujian dan tidak pernah dirilis.

Setelah beberapa tahun dikembangkan tanpa kabar, Google diam-diam menambahkan fitur tersebut ke dalam Play Store. Kini, saat pengguna ingin mengunduh beberapa aplikasi sekaligus, mereka tidak perlu menunggu terlalu lama.

Sebelum fitur ini ditambahkan, pengguna harus menunggu aplikasinya terunduh satu per satu. Jika aplikasi pertama belum selesai terunduh, aplikasi kedua akan tetap berada di daftar tunggu hingga aplikasi pertama terpasang.

Maka dari itu, kehadiran fitur ini sangat membantu. Fitur pengunduhan sekaligus ini baru terlihat jika pengguna mengunduh beberapa aplikasi dengan kapasitas yang cukup besar, seperti puluhan atau ratusan megabyte (MB).

Misalnya, Anda perlu mengunduh beberapa aplikasi milik Google, yaitu Document, Spreadsheet, dan Slide. Ketika diunduh di waktu yang bersamaan, ketiganya akan langsung terunduh. Pemasangan aplikasinya pun bisa dilakukan di waktu yang sama.

Untuk saat ini, perangkat Android hanya bisa mengunduh dua aplikasi sekaligus, tetapi iOS bisa mengunduh tiga aplikasi secara bersamaan. Belum diketahui apakah Google akan menambah jumlah aplikasi yang bisa diunduh di Android.

Kemampuan pengunduhan dan pemasangan beberapa aplikasi di waktu yang sama ini baru terlihat di beberapa ponsel dan tablet Pixel. Menurut temuan 9to5google, fitur ini ditambahkan ke Play Store versi 40.6.31 dan perangkat yang menjalankan Android 14.