Android 15 Halangi Pengunduhan Aplikasi untuk Android Marshmallow
Android larang pengunduhan aplikasi lama (foto: dok. Android)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak tahun lalu, Google Play Store mulai menyembunyikan aplikasi lama dari para pengguna. Kebijakan ini terus dikembangkan hingga Android 14 melarang sideload aplikasi pada akhir tahun lalu.

Pengguna tidak boleh mengunduh aplikasi apa pun yang menggunakan Software Development Kit (SDK) di bawah versi 23. Artinya, pengguna hanya bisa mengunduh aplikasi yang sesuai dengan versi Android Marshmallow atau yang lebih baru.

Namun, Android 15 yang akan diluncurkan pada akhir tahun ini akan melarang pengunduhan aplikasi dengan versi Marshmallow. Larangan ini ditemukan oleh Android Police saat menelusuri Pratinjau Pengembang Android 15 kedua.

Ambang batas SDK untuk Android 15 akan berubah menjadi 24, sedangkan aplikasi terlama adalah aplikasi dengan versi Android Nougat. Aturan ini bekerja di dalam sistem karena perangkat akan menghalangi pengguna saat penginstalan dilakukan.

Jika penginstalan aplikasi versi Marshmallow di Play Store atau di situs web masih bisa dilakukan, sistem akan membaca aplikasi sebagai kesalahan. Kode yang terbaca di Android 15 pun menyatakan bahwa, "paket aplikasi harus menargetkan setidaknya SDK 24."

Sebenarnya, ada alasan di balik larangan pengunduhan aplikasi versi terdahulu. SDK versi 22 ke bawah belum memiliki keamanan yang bagus. Biasanya, developer jahat akan memanfaatkan aplikasi di versi tersebut untuk menghindari fitur keamanan.

Dengan menggunakan aplikasi dengan versi terdahulu, aplikasi akan lebih mudah dikembangkan dan developer bisa mengantongi izin perangkat secara instan. Hal ini bisa merugikan pengguna sehingga Android harus menerapkan batasan aplikasi.