Bagikan:

JAKARTA - Pengguna Samsung dengan perangkat lama seperti Galaxy S8 atau Galaxy Note 8 menerima kabar buruk terkait pembaruan Samsung Health. Menurut pesan yang ditemukan, aplikasi ini tidak lagi mendukung perangkat yang menjalankan Android 9 atau versi lebih lama.

Meskipun pengguna yang terkena dampak masih bisa menjalankan versi lama aplikasi, mereka hanya dapat mengakses "layanan dan fitur terbatas" tanpa dukungan resmi dari Samsung. Samsung Health, yang pertama kali dikenal sebagai S Health pada tahun 2012, telah menjadi bagian integral dari ekosistem kesehatan digital perusahaan ini selama lebih dari satu dekade.

Pesan dalam APK teardown yang ditemukan oleh Android Authority dan pakar aplikasi AssembleDebug menunjukkan bahwa versi 6.27 dari Samsung Health tidak lagi tersedia untuk perangkat yang menjalankan Android 9 atau lebih lama. Perubahan ini mulai berlaku pada tanggal 24 Juni.

"Anda masih bisa menggunakan Samsung Health tanpa melakukan upgrade sistem operasi Android, tetapi hanya dapat menggunakan layanan dan fitur terbatas tanpa dukungan lebih lanjut," demikian kutipan dari pemberitahuan tersebut.

Konfirmasi dari APKMirror menunjukkan bahwa versi 6.27 dari Samsung Health memang menetapkan Android 10 atau yang lebih tinggi sebagai versi minimum yang dibutuhkan. Sementara itu, versi-versi aplikasi yang lebih lama membutuhkan Android 8.0 Oreo atau yang lebih tinggi.

Dengan kata lain, para pengguna dengan perangkat seperti seri Galaxy S8 dan yang lebih lama, Galaxy Note 8, serta sejumlah perangkat seri A dan J yang lebih tua tidak akan mendapatkan versi baru dari aplikasi ini. Mereka harus memilih untuk tetap menggunakan versi lama aplikasi atau mempertimbangkan untuk mengupgrade ke perangkat Android yang lebih baru.

Ini bukan kali pertama Samsung Health menghentikan dukungan untuk versi Android yang lebih lama. Sebelumnya, hal serupa terjadi pada tahun 2021 ketika Samsung menghentikan dukungan untuk perangkat Android Marshmallow dan Nougat demi Android 8.0 Oreo dan versi yang lebih baru.