Bagikan:

JAKARTA - Google dan Samsung dikabarkan sedang bekerja sama untuk mengembangkan Health Connect. Platform ini diklaim dapat mempermudah sinkronisasi data kesehatan dan kebugaran antar aplikasi.

Platform serta aplikasi Pemrograman Antarmuka (API) tersebut nantinya akan memberi pengembang seperangkat alat untuk menyinkronkan data kesehatan pengguna antara aplikasi di perangkat Android.

Health Connect yang dikembangkan oleh dua raksasa teknologi ini diharapkan akan menjadi platform tunggal, yang memudahkan pengguna untuk melacak data kesehatan dan kebugaran mereka di beberapa platform yang berbeda.

Dengan Health Connect, pengembang dapat mengompilasi data kesehatan mereka secara terenkripsi yang terletak di perangkat pengguna. Google mengatakan pengguna akan mendapatkan kontrol penuh atas jenis data yang mereka bagikan dan aplikasi apa yang mereka bagikan.

Jika lebih dari satu aplikasi mengumpulkan jenis data yang sama, pengguna dapat memilih untuk membagikan data tersebut dengan satu aplikasi saja daripada yang lain. Saat ini, Health Connect sudah mendukung lebih dari 50 tipe data pada sejumlah kategori, termasuk aktivitas, pengukuran tubuh, pelacakan siklus, nutrisi, tidur, dan vital.

"Kami bekerja sama dengan Google dan mitra lainnya untuk mewujudkan manfaat dan potensi penuh dari Health Connect," ungkap wakil presiden eksekutif Samsung, TaeJong Jay Yang dalam keterangan resmi yang dikutip dari The Verge, Selasa, 17 Mei.

“Dengan izin pengguna, ini akan memungkinkan pengembang aplikasi untuk memanfaatkan data yang akurat dan dioptimalkan yang diukur pada Galaxy Watch untuk Samsung Health dan menggunakannya di aplikasi mereka juga," sambungnya.

Meski Health Connect saat ini masih dalam versi beta terbuka, tetapi sudah dapat diakses oleh semua pengembang Android.

Selain Samsung, Google juga bekerja sama dengan pengembang MyFitnessPal, Leap Fitness, dan Withings dalam program akses awal.

Google Fit dan Fitbit milik Google juga akan mengadopsi Health Connect, yang berarti teknologi tersebut harus tersedia tepat waktu agar dapat rilis di Pixel Watch akhir tahun ini.