Google Luncurkan  Health Connect Versi Beta ke Publik, Integrasi Aplikasi Kesehatan dan Kebugaran
Android telah merilis Health Connect versi beta ke publik. (foto: twitter @googleplay

Bagikan:

JAKARTA - Android telah merilis Health Connect versi beta ke publik. Ini adalah aplikasi baru yang mengasimilasi data dari seluruh aplikasi kesehatan dan kebugaran yang memenuhi syarat melalui satu platform.

Dalam contoh yang diberikan oleh Google, anggota Peloton dapat menggunakannya untuk menyinkronkan dan mendapatkan kredit untuk latihan Peloton mereka di aplikasi seperti MyFitnessPal, WeightWatchers, dan Lifesum, selain berbagi data latihan dengan aplikasi kebugaran lainnya. Aplikasi ini juga menambahkan tempat sentral untuk mengelola izin individu dan pengaturan privasi dengan mudah.

Ada 10 aplikasi kesehatan, kebugaran, dan kesehatan terkenal yang terintegrasi dengan layanan sejauh ini, termasuk FitBit, Oura, dan Flo bersama MyFitnessPal dan Peloton. Health Connect pertama kali diumumkan pada bulan Mei, dengan akses yang awalnya dibatasi untuk pengembang yang membangun integrasi baru.

Health Connect dibuat bekerja sama dengan Samsung untuk membantu membakukan berbagi data antara aplikasi kesehatan dan kebugaran, menggantikan integrasi berbagi sebelumnya yang mengharuskan pengembang membuat koneksi API untuk setiap aplikasi.

Pemeliharaan ini tidak hanya mahal dan padat karya, tetapi juga menyulitkan pengguna untuk membuka kunci data mereka agar dapat disinkronkan dengan aplikasi lain.

Kini, Health Connect mendukung lebih dari 40 tipe data dalam enam kategori dan hanya memerlukan beberapa baris kode, menyediakan skema data standar untuk pengembang.

Hal ini tidak hanya menyederhanakan konektivitas aplikasi tetapi juga memberi pengguna kontrol privasi yang lebih terpusat, memungkinkan pengguna memantau aplikasi mana yang memiliki akses ke data tertentu pada waktu tertentu.

Health Connect tersedia untuk diunduh sebagai beta publik melalui Google Play Store, meskipun tidak disebutkan tentang rilis publik lengkap itu kapan. Google awalnya menyebutkan bahwa aplikasi tersebut akan diinstal sebelumnya pada perangkat Android baru sekitar akhir tahun ini.