Bagikan:

JAKARTA – Salah satu masalah yang sering terjadi saat menggunakan aplikasi Gmail adalah pesan yang tidak masuk secara real-time. Biasanya, masalah ini terjadi karena aplikasi tidak disinkronkan di perangkat.

Masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Mengutip dari Makeuseof, Anda perlu mengaktifkan sinkronisasi otomatis terlebih dahulu agar aplikasi bisa menerima email secara real-time. Tak hanya itu, Anda juga bisa langsung mendapatkan notifikasi.

Untuk mengaktifkan sinkronisasi otomatis, buka aplikasi Gmail dan ketuk tombol garis tiga di pojok kiri atas, lalu buka Pengaturan. Setelah itu, pilih akun email yang Anda ingin sinkronkan, lalu gulir layar ke bawah dan centang menu Sinkronisasi Gmail.

Berikutnya, Anda bisa mencoba melakukan sinkronisasi secara manual di perangkat Android yang Anda gunakan. Jika Anda ingin mengaktifkan kemampuan sinkronisasi ini secara manual, buka Pengaturan aplikasi Gmail dan buka Tentang Ponsel.

Mengingat ponsel Android memiliki model yang berbeda, mengacu dari ponsel Samsung, Anda bisa membuka akun Google melalui halaman pengelolaan akun. Selanjutnya, pilih alamat email yang diinginkan, lalu pilih Sinkronisasi Akun.

Jika Anda sudah mengaktifkan sinkronisasi, tetapi Anda masih tidak mendapatkan notifikasi email secara real-time, Anda mungkin harus menghapus sejumlah file untuk mengosongkan penyimpanan internal di perangkat yang Anda gunakan.

Sinkronisasi Gmail juga memakan memori ponsel sehingga penyimpanan yang penuh akan menjadi masalah. Agar sinkronisasi kembali berjalan dengan normal, periksa memori penyimpanan Anda, lalu hapus sejumlah file yang menurut Anda kurang penting.