Cara Melaporkan <i>Spam</i> di Gmail: Spam Hilang Hidup Tenang
Cara Melaporkan Spam di Gmail (Gambar Rawpixel-Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Spam merupakan hal yang sudah kerap kali dialami setiap orang yang memiliki email dan dianggap lazim. Namun bila kirimannya secara massif setiap hari bakal membuat email-email penting bakal tenggelam. Lantas, adakah cara melaporkan spam di Gmail?

Sebenarnya spam ini bisa diakali dengan rajin menghapusnya dan juga memblokirnya. Namun apakah ini efektif? Jalan terbai yang aman adalah dengan melaporkan. Lantas seperti apa caranya? Ikuti penjelasan berikut.

Cara Melaporkan Spam di Gmail

Kalian bisa melaporkan email berupa spam langsung lewat browser. Begini caranya;

Beri tanda centang di sebelah pesan di Gmail dengan memilah kotak kosong di sebelah kiri email. Kalian mungkin bisa mengenali spam tanpa membuka email. Kalian pula bisa membuka emailnya kalau ragu.

Pada menu di atas kotak masuk Kalian, temukan ikon yang nampak semacam tanda seru di tanda berhenti. Seleksi buat menandai pesan selaku spam. Kalian pula bisa memilih tanda seru (Shift+1) bila Kalian mengaktifkan pintasan keyboard Gmail.

Gmail memberitahu Kalian kalau pesan serta percakapan apa pun yang jadi bagiannya sudah dipindahkan ke Spam. Kalian bisa melihatnya di folder Spam bila Kalian mau.

Cara Melaporkan Spam di Aplikasi Gmail

Ini dia, cara memberi tahu pesan selaku spam di aplikasi Gmail buat fitur seluler Android serta iOS:

Di kotak masuk Kalian, ketuk inisial di depan satu ataupun sebagian pesan. Menu atas bergeser buat menunjukkan opsi buat pesan yang Kalian seleksi. Ketuk ikon menu, yang diisyarati dengan 3 titik bertumpuk, di sudut kanan atas layar.

Menu lain diperluas buat menunjukkan serangkaian opsi yang diperluas. Seleksi Laporkan spam dari daftar.

Cara Melaporkan Spam di Gmail di Browser Seluler

Buat memberi tahu email selaku spam di browser website seluler, Kalian dapat mempraktikkan langkah-langkah berikut:

Tempatkan tanda centang di kotak di sebelah kiri pesan yang tidak diinginkan. Kalian pula bisa membuka pesan. Bila baru muncul, mengambang di sudut kanan atas layar. Seleksi ikon panah bawah buat menunjukkan opsi yang lain. Seleksi Laporkan spam dari menu tambahan.

Kenapa Email Spam Berbahaya?

Email spam bukan cuma mengusik, namun pula bisa bawa konsekuensi yang merugikan. Sebagian bahaya yang terpaut dengan email spam meliputi:

  1. Kehilangan waktu serta produktivitas saat menghapus ataupun memilah email spam dari kotak masuk.
  2. Penyebaran malware, virus, ataupun ransomware yang bisa mengganggu perangkat serta mengakses informasi pribadi.
  3. Potensi penipuan serta pencurian identitas lewat aplikasi phishing, di mana spammer berupaya mendapatkan data sensitif dari penerima.
  4. Kemungkinan terkena konten tidak pantas ataupun ilegal yang melanggar privasi serta etika.

Cara Berhenti Menerima Email Spam

1. Terapkan Filter Spam

Banyak penyedia layanan email, semacam Gmail, Outlook, ataupun Yahoo, sediakan filter spam bawaan. Cek filter spam diaktifkan serta dikonfigurasi dengan baik. Filter ini bakal secara otomatis memindahkan email spam ke folder spam ataupun menyaringnya sehingga tidak muncul di kotak masuk.

2. Tambahkan Ekstensi

Pengguna dapat menambahkan aplikasi pihak ketiga yang bermanfaat buat menjaring pesan spam antara provider email dengan penerima email. Salah satu aplikasi yang sangat gampang yaitu Mailwasher.

Cuma dengan memasukan detail login email, aplikasi ini bakal menyaring serta mengenali pesan yang tidak kalian mau. Nah, pengguna dapat meninjau email yang diterima saat sebelum muncul di kotak masuk.

3. Tindakan Unsubscribe

Kala pengguna email menerapkan unsubscribe, mengindikasikan kepada pengirim kalau tidak lagi tertarik ataupun mau menerima email dari pengirim.

Umumnya, tiap email yang Kalian terima dari pengirim yang sah bakal menyertakan opsi "Unsubscribe" ataupun "Berhenti Berlangganan" di bagian bawah email. Pengguna bisa mengklik tautan tersebut buat melakukan unsubscribe.

Melaporkan Spam Bisa Memperkuat Filter Spam Gmail Kalian

Semakin banyak spam yang Kalian laporkan kepada Gmail buat dikenali, semakin sedikit spam yang masuk ke kotak masuk Kalian. Kalian menolong filter spam Gmail belajar dengan menampilkan sampah yang masuk ke kotak masuk Kalian.

Memberi tahu spam itu gampang serta tidak cuma membersihkan Kalian dari sampah serupa di kemudian hari, tetapi bakal secara otomatis menghapus pesan yang dianggap spam.

Jadi setelah mengetahui cara melaporkan spam di Gmail, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!