Bagikan:

JAKARTA - Google kini menghadirkan aplikasi Gemini mandiri untuk pelanggan Workspace berbayar, termasuk dalam paket Business, Enterprise, dan Frontline. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan penggunaan AI di lingkungan bisnis, memberikan asisten bertenaga AI dengan standar keamanan kelas perusahaan.

Gemini menawarkan proteksi keamanan berstandar tinggi dengan data, permintaan, dan tanggapan yang tidak digunakan untuk melatih model AI lainnya. Admin dapat mengontrol penyimpanan permintaan dan tanggapan, serta mengatur berapa lama data tersebut akan disimpan.

Aplikasi ini mematuhi standar kepatuhan seperti SOC 1/2/3, ISO 27001, ISO 27701, serta HIPAA untuk sektor kesehatan dan GDPR di Eropa. Google menekankan bahwa Gemini merupakan solusi asisten AI yang memenuhi persyaratan kepatuhan saat ini, menjadikannya unggul dibandingkan solusi serupa di pasaran.

Di sisi lain, model bahasa besar (LLM) telah membawa peningkatan signifikan dalam keamanan Gmail, termasuk pemblokiran 20% lebih banyak spam berkat LLM yang dirancang khusus untuk mendeteksi phishing, malware, dan spam. Google kini dapat meninjau 1000 kali lebih banyak laporan spam dari pengguna, menawarkan perlindungan lebih baik bagi 2,5 miliar pengguna Gmail.

Selain itu, Google Workspace memperkenalkan alat baru bernama Security Advisor, yang memberikan wawasan dan rekomendasi keamanan yang dipersonalisasi untuk admin. Alat ini ditujukan untuk bisnis kecil dan tersedia di Google Admin serta email untuk tim IT. Security Advisor mencakup perlindungan tambahan untuk Gmail dan Chrome, termasuk fitur Enhanced Safe Browsing dan Gmail Security Sandbox.