Bagikan:

JAKARTA – Gemini telah ditambahkan ke aplikasi Gmail untuk perangkat Android sejak Juni lalu, tetapi kemampuannya hanya terbatas pada fitur ringkasan. Kini, Google menambahkan fitur Tanya Jawab dari Gemini.

Fitur Tanya Jawab ini resmi diluncurkan pada Kamis, 29 Agustus. Dengan adanya fitur ini, pengguna Gmail di perangkat Android bisa mengajukan pertanyaan apa pun terkait email di kotak masuk. Fungsi dari fitur ini tidak jauh berbeda dari panel samping Gemini di situs web Gmail.

"Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada Gemini tentang kotak masuk Anda atau melakukan hal-hal seperti menemukan detail tertentu di email Anda, memperlihatkan pesan yang belum dibaca, melihat pesan dari pengirim tertentu, atau meringkas email," kata Google.

Untuk mengajukan pertanyaan kepada Gemini di aplikasi Gmail untuk perangkat Android, pengguna hanya perlu mengeklik ikon bintang Gemini di sudut kanan atas layar. Saat ini, pengguna hanya bisa mengajukan pertanyaan seputar isi dari email.

"Buka Gemini di aplikasi Gmail melalui bintang Gemini berwarna hitam di bagian kanan atas aplikasi Anda atau dari chip 'ringkas email ini'. Untuk memulai, Tanya Jawab Gmail dapat menemukan informasi dari kotak masuk Anda," jelas Google.

Seperti peluncuran fitur lainnya dari Google, fitur Tanya Jawab dari Gemini akan diluncurkan dalam domain rilis cepat dan rilis terjadwal selama 15 hari kerja. Jika fitur ini belum terlihat, pengguna harus menunggu hingga peluncurannya selesai.

Tanya Jawab Gemini di Gmail hanya tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace dengan dua add-on, yaitu Gemini Bisnis, Perusahaan, Pendidikan, Pendidikan Premium dan Google One AI Premium.