Bagikan:

JAKARTA – Sejak diluncurkan pada awal tahun ini, aplikasi Gemini terus dikembangkan dan bahkan mulai menyingkirkan fungsi Google Assistant di perangkat Android. Namun, aplikasi ini belum tersedia di seluruh negara.

Google mulai memperluas aplikasi Gemini ke lebih banyak negara pada akhir April lalu. Aplikasi ini bisa diakses ke seluruh negara kecuali Inggris, Eropa, dan Swiss. Kini, Gemini kembali diperluas ke lebih banyak wilayah, termasuk Inggris dan Eropa.

Aplikasi Gemini sudah bisa diunduh dan diakses oleh pengguna Android dan iOS sejak Rabu, 5 Mei. Khusus untuk ponsel Android, masyarakat di Inggris dan Eropa hanya perlu mengunduh aplikasi atau ekstensinya melalui Google Play Store.

Sementara itu, untuk perangkat dengan sistem iOS, Gemini akan diluncurkan ke dalam aplikasi Google. Model Kecerdasan Buatan (AI) ini akan berfungsi sebagai tab baru dalam waktu dekat, tetapi belum jelas seperti apa tampilan tab-nya dan apa fungsinya.

Sejak aplikasi Gemini diluncurkan, fungsi Google Assistant mengalami kemunduran. Banyak fitur Google Assistant yang ditambahkan ke dalam aplikasi Gemini. Terlebih lagi, aplikasi ini bisa digunakan sebagai chatbot sehingga Gemini menjadi lebih unggul.

"Banyak fitur suara yang Anda sukai di Asisten Google akan tersedia melalui aplikasi Gemini — termasuk menyetel pengatur waktu, melakukan panggilan, dan menyetel pengingat — dan kami berupaya untuk  mendukung  lebih banyak lagi di masa mendatang," kata Google.

Selain memperluas aplikasi Gemini ke lebih banyak negara, Google juga menambahkan dukungan bahasa ke dalam aplikasi tersebut. Kini, aplikasi Gemini mendukung bahasa Arab, China, Belanda, Prancis, Jerman, Italia, Indonesia, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi.