Bagikan:

JAKARTA – Pemerintah New York City (NYC) menyadari bahwa warganya kesulitan dalam mencari toilet umum di kota. Masalah ini perlu ditangani sehingga pemerintah meluncurkan peta khusus untuk menemukan toilet.

Diresmikan oleh Walikota NYC, Eric Adams, pemerintah meluncurkan program Ur In Luck untuk memperluas akses ke toilet umum. Mereka juga memperkenalkan lapisan Google Maps terbaru yang dapat diaktifkan oleh warga NCY saat ingin mencari toilet.

Saat lapisan pencarian toilet diaktifkan, Maps akan memperlihatkan 1.000 titik toilet umum di lima wilayah. Pengguna hanya perlu mengeklik salah satu titik toilet umum, lalu klik tombol Directions atau Petunjuk untuk melihat petunjuk arahnya.

"Salah satu upaya menjadikan Kota New York lebih layak huni adalah dengan mengatasi hal-hal kecil," kata Adams, dikutip dari situs resmi NYC. "Lapisan Google Maps kami yang baru akan memudahkan Anda menemukan bantuan saat Anda harus pergi."

Adams menjelaskan bahwa lapisan Google Maps ini akan diperbarui dua kali dalam setahun agar lokasinya lebih ter-update. Toilet umum yang akan ditampilkan di Google Maps adalah toilet yang dioperasikan oleh taman NYC, DOT, dan Metropolitan Transit Authority.

Berbagai toilet umum di ruang publik milik pribadi serta perpustakaan umum di New York, Brooklyn dan Queens juga akan ditampilkan di Google Maps untuk mempermudah pencarian. Namun, ketersediaan toiletnya tidak akan tertera di Google Maps.

Selain membuat lapisan khusus untuk mencari toilet di NYC, pemerintah juga merilis open data terkait toilet umum yang ada di kota. Dengan diberikannya data ini, masyarakat bisa membuat alat sendiri dalam mencari toilet di NYC.