Bagikan:

JAKARTA - CEO Tesla, Elon Musk, meminta Nvidia untuk memprioritaskan pengiriman prosesor AI ke perusahaannya X dan xAI daripada Tesla. Hal ini dilaporkan oleh  CNBC pada  Selasa, 4 Juni.

Memo internal Nvidia dari Desember menunjukkan adanya peralihan prioritas tersebut. "Elon memprioritaskan penggunaan cluster GPU X H100 di X daripada Tesla dengan mengalihkan 12.000 GPU H100 yang dikirim yang awalnya ditujukan untuk Tesla ke X.

"Sebagai gantinya, pesanan X awal untuk 12.000 H100 yang dijadwalkan untuk Januari dan Juni akan dialihkan ke Tesla," menurut memo itu.

Menurut CNBC, kini Nvida menunda penerimaan Tesla atas prosesor senilai lebih dari  500 juta dolar AS (Rp8,1 triliun) selama beberapa bulan.

Awal tahun ini, Musk mengatakan Tesla akan meningkatkan jumlah H100 - prosesor AI paling canggih dari Nvidia - yang telah mereka gunakan dan akan menghabiskan 10 miliar dolar AS (Rp162,8 triliun) tahun ini "untuk pelatihan dan inferensi AI gabungan".

Tesla sedang berjuang melawan perlambatan di pasar kendaraan listrik dan mengumumkan PHK lebih dari 10% stafnya secara global pada bulan April.